Haikal Hassan diingatkan netizen dengan video ceramah Habib Salim


JAKARTA - Baru-baru ini sebuah video yang berisi Haikal Hassan memuji-muji bangsa Arab sebagai bangsa paling teguh memegang amanah telah mengundang beragam respon dari netizen tanah air.


“Bangsa yang paling teguh memegang amanah dan janji adalah bangsa Arab. Itu salah satu hikmah Rasulullah diturunkan di bangsa Arab,” kata Haikal Hassan dalam video yang diunggah di Twitter oleh @RD_4WR1212 pada 13 April 2021.


“Kenapa? Karena bangsa Israel itu mengkhianati Nabinya, bangsa Majusi mengkhianati rajanya, bangsa Romawi berkhianat pada rajanya, bangaa Persia mengkhianati para ratunya. Tapi bercerita bangsa Arab berkhianat, nggak ada,” tambahnya. Haikal Hassan lalu mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW berpesan untuk mencintai bangsa Arab.


"Jadi Rasulullah SAW diturunkan, Ka’bah memang di sana karena memang untuk menjadi min ashaabi Rasulullah SAW. Maka kata Nabi, Hubbul ‘araabin litsalaatsin, cintai itu Arab karena tiga: (1) Lianni ‘arabi, kata Nabi, karena aku ini orang Arab. (2) Wal quran ‘arabi, Quran bahasa Arab. (3) Wal kalamul ahlul jannah ‘arabi, dan ucapan ahli surga itu bahasa Arab. Allah yang pilih, saudara,” ungkapnya.


Ceramah tersebut kemudian ditanggapi oleh Ferdinand Hutahaean melalui akun media sosial Twitter-nya.



Menurutnya, Haikal Hassan pernah melecehkan Bung Karno yang merupakan proklamator bangsa Indonesia, tetapi justru gencar memuji-muji orang Arab seolah mereka ras paling suci nan mulia. 


“Haikal Hasan melecehkan Bung Karno sang proklamator bangsa dalam satu ceramahnya. Dan diceramah lain, Haikal memuji-muji orang Arab seolah Arab jadi ras paling suci mulia di bumi ini,” ujar Ferdinand, dikutip terkini.id pada Rabu, 14 April 2021.


“Hei Kal, saya kasitau kamu, Indonesia ini penduduk aslinya banyak suku, dan Arab bukan salah satunya,” lanjutnya seperti dilansir oleh terkini.id.


Video Haikal juga direspon oleh netizen lain @ArisRivai2 dengan video dari Habib Salim bin Jindan. Ia juga menandai akun Twitter @haikal_hassan.




Dalam video tersebut, nampak Habib Salim berdiri memegang mikrofon dan berbicara di depan hadirin. Habib Salim mengatakan bahwa para habib seperti dirinya merupakan keturunan Yaman yang menjadi warga negara dan numpang di Indonesia.


“Kita Habaib Warga Negara Indonesia keturunan Yaman, hatramet, jangan bikin galau di NKRI,” kata Habib Salim yang disambut tepuk tangan oleh hadirin.


“Mau marah habib yang lain terserah. Emang kenyataan. Kita ini habaib Warga Negara Indonesia, numpang di Indonesia, kenyataan! Kenyataan kita WNI keturunan, kenyataan,” tambahnya.


Habib Salim bahkan juga menyindir keturunan bangsa Arab di Indonesia untuk tidak bikin gaduh.


“Apalagi keturunan Arab, jangan bikin gaduh juga! Nyinyir mulu kayak perempuan,” tandasnya. ***

Lebih baru Lebih lama