Suburnya Desa Gumelem, pohon pisang berbuah hingga lima tandan


BANJARNEGARA - Di Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara, baru baru ini ada pohon pisang berbuah lima tandan (13/4/2021).


Waktu dikonfirmasi ke Kantor Desa Gumelem Wetan memang benar adanya. Menurut keterangan informasi yang didapat dari dari Kadus 4 Dukuh Pingit di Balai Desa Gumelem Wetan Tumin Ahmad Alfian memang benar adanya perhal tanaman pisang berbuah lebat. 


Setelah konfirmasi dan kroscek di Kantor Desa Gumelem Wetan, Media Realita News menuju ke Dukuh Pingit RT 02/RW 10. Dari petunjuk arah dari Kantor Desa Gumelem Wetan menuju arah selatan perjalan ke tembusan Tambak Banyumas. 


Perjalanan ke lokasi tersebut jalan yang banyak tanjakan karena memang Gumelem Wetan termasuk pegunungan yang tidak jauh dari areal perhutani hutan pinus.


Media Realita News ditunjukkan oleh penduduk setempat menuju rumah Timan Surowahyudin pemilik pohon pisang tersebut yang pekerjaannya sebagai tukang kayu. Kebetulan beliau sedang di samping rumah membuat bahan jendela rumah.



Pohon pisang tersebut terletak di depan rumah dan dari jalan desa sangat kelihatan. Umurnya buah baru 2 bulanan dan jenis pisangnya diperkirakan adalah jenis pisang ambon.


Menurut Timan Surowahyudin, banyak yang ke situ untuk melihat dan mengambil gambarnya. 


"Mungkin karena tanah di daerah sini sangat subur, karena diberi pupuk kandang pisang ini berbuah sangat lebat" katanya.


Kondisi kesuburan tanah pertanian di Gumelem Wetan khususnya di Dukuh Pingit ini memungkinkan tanaman tumbuh secara alami tanpa proses rekayasa. ***


Susetyo adi nugroho

Lebih baru Lebih lama