TATP yang ditemukan di Petamburan adalah bahan kimia berbahaya yang sering dipakai teroris


JAKARTA - Densus 88 Antiteror menemukan bahan kimia yaitu TATP atau Aseton Periksida, yang biasa dipakai untuk pembuatan bom ketika melakukan penggeledahan markas Front Pembela Islam (FPI) di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, (27/4).


Kabag Penum Div Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, cairan tersebut juga pernah ditemukan saat penangkapan teroris di Condet dan Bekasi beberapa waktu lalu.


“Ada beberapa botol plastik yang berisi cairan TATP. Ini merupakan Aseton yang digunakan untuk bahan peledak yang mirip dengan yang ditemukan di Condet dan Bekasi. Ini akan didalami oleh Puslabfor tentang isi kandungan cairan tersebut,” jelasnya.


TATP atau Triaceton Triperoxide atau Aseton Peroksida, merupakan bahan peledak yang kerap digunakan oleh teroris dalam pembuatan bom, karena sifatnya yang berdaya ledak high explosive.


Dikutip dari SuaraIslam.co bahan kimia TATP sering digunakan oleh teroris ISIS di Irak dan Suriah karena daya hancurnya yang mematikan. Saking berbahayanya, TATP dijuluki sebagai The Mother of Satan.


Penggeledahan ke Markas FPI tersebut dilakukan setelah ditangkapnya eks petinggi FPI Munarman terkait kasus terorisme. Munarman ditangkap perumahan Modern Hills, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (27/4) sekitar pukul 15.30 WIB.***

Lebih baru Lebih lama