Vanili akan jadi salah satu tanaman unggulan Kabupaten Temanggung



TEMANGGUNG - "Vanili ini mempunyai nilai jual yang sangat tinggi, jika dibudidayakan secara bagus hasilnya juga akan baik," kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq pada pencanangan gerakan Masyarakat Unggul Sejahtera dengan Tani Pekarangan Konservasi Lahan dan Desa Bebas Sampah (Mustika Desa) di Kelurahan Madureso, Kabupaten Temanggung, seperti dikutip Antara, (16/4).


Ia menyampaikan dari hari ke hari harga vanili terus mengalami kenaikan, budi daya vanili tidak membutuhkan lahan yang luas menjadi salah satu peluang bagi masyarakat untuk mengembangkannya.


"Harga vanili sangat mahal, masyarakat bisa memilih tanaman ini untuk dijadikan sebagai tanam di pekarangan, selain membuat pekarangan menjadi lebih hijau, juga bisa menambah penghasilan," katanya.


Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian desa, meningkatkan ekonomi rumah tangga, dan mewujudkan lingkungan yang lestari.


Bupati Temanggung berharap semakin banyak masyarakat bercocok tanam, memaksimalkan lahan pekarangan dengan tanaman berkualitas dan akan menambah penghasilan keluarga. Melalui cara ini, katanya perekonomian diharapkan pula akan bangkit kembali setelah terdampak pandemi COVID-19. ***

Lebih baru Lebih lama