Pemudik didatangi petugas gabungan, harus tes swab


TEMANGGUNG - Meski dilarang mudik sejumlah warga dari berbagai daerah nekat mudik ke kampung halamannya. Di Temanggung, Jawa Tengah petugas gabungan dari Polsek dan Koramil Kecamatan Kaloran, Temanggung, mendatangi rumah warga dengan sasaran pemudik yang tiba di kampung halaman.


Pemudik yang sudah terlanjur tiba di kampung halamandiwajibkan menjalani tes usap antigen di puskesmas terdekat sebagai upaya antisipasi mencegah penularan Covid-19 di Temanggung yang disebabkan oleh pemudik.


"Jadi sebelum ada larangan mudik ini, kita akan melakukan terus menerus, supaya tadi yang kami sampaikan, tujuannya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, tetep kita laksanakan terus menerus," kata Kapolsek Kaloran, AKP Sri Haryono kepada wartawan, seperti dilansir oleh Kompas.

Salah satu pemudik Rina Ekawati menyebut, dirinya tidak keberatan untuk menjalani tes usap antigen.


"Dari Cileungsi, sampai sini hari Sabtu, belum tau aturannya kalo sampai sini harus diswab, tetap bersedia kalo diswab," ujar Rina.


Tes usap antigen bagi pemudik ini tidak difasilitasi oleh pemerintah. Pemudik harus membayar biaya tes antigen secara mandiri, dan apabila hasilnya positif para pemudik wajib menjalani isolasi sesuai ketentuan penanganan Covid-19. ***


Lebih baru Lebih lama