Wisata Kali Onggo sebagai wahana rekreasi keluarga

BANJARNEGARA - Desa Adi Pasir di Kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara merupakan sentra bisnis sektor ekonomi agrobisnis perikanan air tawar. Suburnya lahan pertanian karena irigasi yang kontinyu maka budidaya perikanan sangat maju, dapat menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat Adi Pasir.

Kali Onggo adalah destinasi wisata air di Desa Adi Pasir yang memiliki nilai ekonomi, menumbuhkan ide kreatif dari masyarakat setempat dan meningkatkan nilai potensi lokal yang ada, seperti penjualan benih ikan, resto kuliner ikan air tawar, coffee drink, karaoke dan tempat pertemuan dengan life musik out door, kolam renang nuansa batu gunung, dengan harga tarif karcis masuk Rp 10.000,- 

"Wahana Rekreasi Kali Onggok dibangun pada awal 2019 oleh pemuda desa Adipasir sendiri didukung masyarakat dan tokoh masyarakat Adi pasir, " kata Mugi pengelola Wahana Kali Onggok.

"kali onggo dibuat dengan modal iuran dari masyarakat dan investor di desa Adi Pasir sendiri waktu itu dengan modal awal Rp 750 juta dan berhasil dikembangkan biarpun sempat fluktuatif karena covid 19," kata Mugi. 

Kepala Desa Adipasir Wahyono mendukung pemberdayaan pemasyarakatan. Setelah adanya pelonggaran untuk pembukaan di sektor wisata khususnya di Kabupaten Banjarnegara Kali Onggok ramai dikunjungi wisatawan lokal dengan prokes tetap dijalankan.

Terdapat rekreasi kolam renang dan kuliner ikan air tawar yang menggoda. Kalionggok adalah milik masyarakat Desa Adi Pasir dan untuk pemberdayaan masyarakat di desa tersebut. ***
Susetyo Adi Nugroho
Lebih baru Lebih lama