Babinsa Koramil 03 /Sempor membuat media tanam

KEBUMEN - Pada Rabu 16 Juni 2021 anggota Koramil 03 /Sempor membuat media tanam di polibag dipimpin Pelda Prambudi Heru Winarko yang pernah mengikuti bimbingan dari dinas pertanian untuk mendukung program Ketahanan Pangan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari).

Pelda Prambudi Heru Winarko menyampaikan bahan apa saja yang perlu disiapkan yaitu antara lain  ldan caranya :

• Siapkan tanah yang gembur dan subur, lebih baik ambil dari bagian paling atas. Selanjutnya, ayak tanah tersebut hingga menjadi butiran-butiran halus. Usahakan tanah dalam keadaan kering sehingga tidak menggumpal. Tanah yang menggumpal akan menyebabkan bahan-bahan tidak tercampur dengan merata.
• Siapkan kompos yang telah matang, bisa dari jenis kompos biasa, bokashi, atau kompos takakura. Ayak kompos atau humus tersebut sehingga menjadi butiran halus.
• Siapkan arang sekam.
• Campurkan tanah, kompos, dan arang sekam dalam sebuah wadah. Komposisi campuran adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam (2:1:1). Aduk hingga merata.
• Siapkan pot atau polybag, masukkan campuran tersebut ke dalamnya. Media tanam sudah siap digunakan.

Ketiga bahan baku bisa dicampur dengan perbandingan 1:1:1 atau 2:1:1. Yang baik tergantung dari jenis tanaman dan ketersediaan sumber daya.

"Media tanam sangat berguna bila ingin menanam sayuran dalam polybag atau pot. Metode ini cocok diterapkan di lahan sempit," imbuhnya.***
Lebih baru Lebih lama