Layanan Mobil permudah membayar pajak.

TEGAL -  Membayar pajak di Kabupaten Tegal makin mudah dengan mobil pajak keliling. Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Tegal secara resmi menerima bantuan satu unit kendaraan operasional pelayanan pajak daerah dari salah satu bank di Jawa Tengah.

Sekda Tegal Widodo Joko Mulyono, Jumat (4/6) mengapresiasi pemberian mobil keliling ini sebagai bagian dari upaya Pemkab Tegal meningkatkan penerimaan pajak daerah sebagai pendapatan asli daerah.

Dirinya berharap, kehadiran mobil pajak keliling ini mampu meminimalisir keterlambatan penyetoran pajak.

"Selain membantu memudahkan dan mendekatkan layanan kepada wajib pajak. Keberadaan mobil operasional ini diharapkan mampu meminimalisir keterlambatan penyetoran pajak, di samping mengurangi kebocoran penerimaan," katanya.

Target pendapatan pajak tahun 2021, tambah Widodo Joko Mulyono, mencapai Rp133 Miliar, dimana 33,4 persennya atau Rp44,5 miliar diperoleh dari sumber pendapatan pajak bumi dan bangunan perkotaan perdesaan.

Tidak lupa, dirinya menitip pesan kepada kepala Bappenda Kabupaten Tegal agar menyiapkan biaya personel dan dukungan operasional pemeliharaan kendaraan, termasuk publikasi layanannya.

“Saya minta agar publik masyarakat Kabupaten Tegal mengetahui fungsi dan jenis layanan apa saja yang ada di mobil pajak keliling ini. Serta kapan dan di mana saja jadwal pelayanannya,” tambahnya.
 
Dirinya menyarankan, Bappenda merancang skema komunikasi publik, seperti infografis mobil pajak keliling yang dilakukan secara berkala. Manfaatkan kanal media sosial sebagai media publikasinya.
Baik itu milik Bappenda sendiri maupun Humas Pemkab Tegal.

Salah satu indikasi keberhasilan publikasi layanan pajak keliling ini adalah semakin banyak warganet yang bertanya, kapan dan di mana layanan pajak tersebut berada.

Artinya masyarakat mulai banyak tahu akan keberadaan mobil pajak keliling. Selain itu, publikasi yang efektif akan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak membayarkan pajaknya, seperti pada layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor milik Samsat yang kehadirannya selalu ditunggu warga.***
Lebih baru Lebih lama