Persit KCK Koorcab Rem 071 dukung ketahanan pangan di masa pandemi

BANYUMAS – Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/ Diponegoro mendukung ketahanan pangan di tengah masa Pandemi Covid-19, dengan melakukan panen sayur Hidroponik (2/6/2021) di Makorem 071/ Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. 

Budidaya tananan Hidroponik ini memanfaatkan air tanpa media tanah dan menekankan pemenuhan kebutuhan hara nutrisi tanaman. Kebutuhan air pada Hidroponik ini lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air lebih efisien, cocok diterapkan di daerah yang memiliki pasokan air terbatas. 

"Pada masa pandemi Covid-19, kita melakukan berbagai upaya mendukung ketahanan pangan dengan menanam sayuran memanfaatkan lahan kosong di sekitar kita," kata Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/ Diponegoro, Ny. Dewi Lagan Safrudin saat melaksanakan panen sayuran bersama para pengurus Persit Koorcab. 

Pihaknya sudah menginstruksikan seluruh Persit Kartika Chandra Kirana Cabang di jajaran Korem 071/ Wijayakusuma untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai lahan menanam sayuran atau kolam budidaya ikan konsumsi.

Kegiatan menanam tanaman sayur ini dilakukan anggota Persit khususnya Koorcab Rem 071 di lingkungan ksatrian dan lingkungan rumah untuk mendukung ketahanan pangan pada masa pandemi Covid 19.

"Kegiatan ini salah satu kegiatan rumah tangga khususnya anggota Persit Koorcab Rem 071. Dengan panen ini, kita menghemat pengeluaran kita", ungkapnya. 

"Ini sebagai contoh untuk para anggota Persit Koorcab Rem 071. Kita dapat tularkan kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan kosong untuk penambah perekonomian keluarga", himbaunya. 

Kegiatan positif ini juga bertujuan agar anggota Persit Koorcab Rem 071 memiliki kesibukan yang bermanfaat. Hal ini juga dapat memupuk silarurahmi dan kerja sama antar anggota, karena pengelolaannya dikerjakan bersama-sama, saling bahu membahu.***
Lebih baru Lebih lama