Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas


Klik tautan di bawah ini untuk melihat videonya.
http://dlvr.it/S1ZpDR

PURBALINGGA - Beberapa waktu yang lalu wartawan Media Realita News mengunjungi Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas di Desa Purbayasa Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Taman Wisata ini seperti disebutkan situs resmi Pemerintah Kabupaten Purbalingga Purbalinggakab.go.id pernah meraih meraih penghargaan juara pertama “Abirawa Pariwisata Jawa Tengah” pada tahun 2017 untuk kategori daya tarik wisata tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dikelola oleh swasta. 

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam menggerakkan industri pariwisata untuk mendongkrak perekonomian rakyat.

Ada banyak aspek penilaian untuk mendapatkan anugerah Abirawa Pariwisata Jateng ini, yakni aspek manajemen, sarana prasarana, pemberdayaan masyarakat, penerapan Sapta Pesona, peningkatan jumlah pengunjung dan pembinaan dari Pemerintah kabupaten setempat.

Bahkan, seperti disebutkan IDNTimes tempat wisata ini pada tahun 2018 juga pernah meraih penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) untuk kategori tata kelola dari Kementerian Pariwisata RI.

Yang lebih menariknya lagi, di sini pengelola juga menyediakan tempat untuk para seniman menampilkan karya seninya. Komunitas seniman Banyumas Raya yaitu Wongso Art yang diketuai oleh Budi Setyawan berkesempatan untuk memajang hasil karya mereka di salah satu ruangan yang ada di destinasi wisata pendidikan tersebut.

Ratusan karya seni lukisan dipajang, di samping topeng, wayang, dan hasil kerajinan tangan.

"Terima kasih kepada Bp. Junjung (H. Sarimun) yang telah menyediakan ruang untuk kaum seniman Banyumas Raya melakukan pajang karya. Animo masyarakat terhadap karya seni cukup besar, 27 buah lukisan kami sudah terjual di sini," kata Budi Setyawan sebagai Ketua Wongso Art, mewakili teman-teman komunitasnya, saat saya temui di lokasi pameran lukisan (6/7).

Liputan ini sudah ditayangkan di Kompasiana.

Lebih baru Lebih lama