Dishub Selayar kawal bongkar muat BBM

SELAYAR - Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan memberikan pengawalan pada proses bongkar muat bahan bakar minyak (BBM) yang diangkut MT Bira (4/7).

Proses penjagaan dan pengawasan melibatkan personil bidang prasarana dan keselamatan dishub yang dibagi dalam dua shift. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Suardi menjelaskan pengawasan dan pengawalan proses bongkar muat BBM dilaksanakan Dishub pada setiap proses bongkar muat dan distribusi BBM via armada mobil tanki.

Kapal berawak sepuluh orang dengan nahkoda Rafik mengangkut 305.000 liter, kebutuhan bahan bakar minyak  (BBM) untuk Kabupaten Kepulauan Selayar yang terdiri dari premium dan pertalite. 

Kepala bidang Prasarana dan Keselamatan Dishub Andi Irwan menuturkan, setiba di dermaga Rauf Rahman, Benteng kapal MT. Bira, langsung melakukan proses pembongkaran muatan untuk selanjutnya disalurkan ke empat titik dengan jatah masing-masing sebagai berikut : 70.000 liter pertalite, dan premium untuk CV. Tanri Jaya Niaga. 70.000 liter premium, dan 10.000 liter pertalite milik PT. Patra Utama Pertiwi, Barugaia. 

KMT Bira juga membongkar 100.000 liter jatah bahan bakar minyak milik PT. Putriana Jaya Utama yang terdiri atas 65.000 liter premium, berikut 35.000 liter pertalite. 

Jatah bahan bakar minyak milik PT. Patra Utama Pertiwi Jampea yang terdiri atas 45.000 liter premium dan 10.000 liter pertalite, turut dibongkar KMT Bira yang selanjutnya diangkut menggunakan mobil tanki untuk didistribusikan ke agen premium, minyak, dan solar (APMS). 

Andi Irwan menjelaskan penjagaan difokuskan pada pengawasan pengunjung dan calon pengguna jasa penyeberangan yang hilir mudik ke luar masuk kawasan dermaga, khususnya terhadap misalnya rokok yang dapat menyebabkan terjadi kebakaran selama proses bongkar muatan bahan bakar dari kapal ke mobil tanki. Sebagian personil ditugaskan mengurai kemacetan arus lalu lintas kendaraan.

Selain menyiagakan personil Dishub, proses bongkar muat dan distribusi pasokan bahan bakar minyak melibatkan satu regu personil pemadam kebakaran (Damkar).

Kebijakan pengawasan dan penjagaan proses bongkar muat BBM diback up oltim UPP Kelas III Selayar, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Satpol Air Polres Kepulauan Selayar dan TNI-AD Kodim 1415/Selayar. ***
Angga Dzaky/Andi Fadly Dg. Biritta
Lebih baru Lebih lama