Musyawarah Daerah Forkoda PP DOB


BANDUNG - Daerah Otonomi Baru) Jawa Barat sebagai induk organisasi pegiat pemekaran daerah kabupaten / kota se-Jawa Barat telah menggelar musyawarah daerah di Hotel Neo Bandung, dengan dibuka oleh H. Syaiful Huda Ketua umun Forkonas induk organisasi Forkoda (27/9).

Hadir seluruh perwakilan para pegiat pemekaran daerah Kabupaten / Kota se Jawa Barat, pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Komisi 1 DPRD Jawa Barat.

H. Syaiful Huda politisi PKB yang saat ini menjadi Ketua Komisi X DPR RI menyampaikan bahwa secara objektif daerah di Jawa Barat siap untuk dimekarkan, mengingat luas wilayah dan jumlah penduduk Kabupaten yang melebihi kapasitas untuk tercapai pelayanan prima.

Ia bersama Forkonas mendorong pemerintah pusat, baik melalui Menteri Dalam Negeri atau melalui Wakil Presiden sebagai Ketua Dewan Pembina Otonomi Daerah untuk mendorong terbentuknya daerah otonomi baru demi pemerataan kesejahteraan rakyat.

Dodit Ardian Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jabar hadir mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membacakan sambutan Gubernur. Sejak awal kepemimpinan Ridwan Kamil sudah memiliki komitmen melakukan pemekaran daerah untuk percepatan pemerataan pembangunan, peningkatan pelayanan dan konektifitas wilayah. Karena itu Penataan atau pemekaran daerah merupakan salah satu misi dalam RPJMD Jawa Barat dan Indikator Kinerja Utama (IKU) Gubernur.

Sejak awal kepemimpinan, Gubernur dan Forkoda mengawal pemenuhan persyaratan pemekaran daerah beberapa kabupaten di Jawa Barat. Ada 5 yang sudah diusulkan ke pemerintah pusat yaitu Garut Selatan, Bogor Barat, Bogor Timur, Sukabumi Utara, Indramayu. Akan menyusul: Cianjur Selatan, Tasik Selatan, Bekasi utara, Bandung timur dan Cikampek. 

H. Muhamad Sidkon dari Komisi 1 DPRD Jawa Barat menyampaikan, seluruh fraksi di DPRD provinsi mendukung percepatan pemekaran untuk peningkatan pelayanan dan pemerataan keadilan sosial.

Musyawarah dihadiri 10 organisasi pegiat pembentukan DOB kabupaten/Kota secara mufakat membentuk Kepengurusan Forkoda PP DOB jawa Barat periode 2021-2025, menetapkan Bayu Risnandar sebagai Ketua dan Jajat Munajat dari Calon DOB kota Cikampek sebagai Sekretaris Forkoda. Sedangkan perwakilan 8 daerah lainnya menduduki Bendahara, wakil ketua, wakil sekretaris dan wakil bendahara.***
Lebih baru Lebih lama