Patung Soekarno menjadi ikon baru kota Semarang

SEMARANG- Patung Soekarno atau Bung Karno yang dibangun oleh PT KAI di Polder Tawang sudah diresmikan. Peresmian itu dilakukan oleh ahli waris dari keluarga Bung Karno, yakni Megawati Soekarno Putri yang hadir secara virtual. Pembangunan patung dengan tinggi 18,5 meter itu, mendapat apresiasi dari Walikota Semarang, Hendrar Prihadi yang turut hadir dalam peresmian patung Soekarno. 

Seperti dilansir dari laman resmi Pemerintah kota Semarang, Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terutama PT KAI yang sudah membangun patung Bung Karno, yang merupakan patung tertinggi di dunia. Pihaknya berharap dengan dibangunnya patung soekarno di kawasan Kota Lama bisa menjadi daya tarik pariwisata di Kota Semarang, sehingga perekonomian  terutama sektor wisata bisa kembali bangkit. 

" Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh keluarga besar PT KAI, yang sudah mewujudkan pembangunan patung bung Karno di Kota Semarang. Patung ini akan melengkapi estetika Kota Semarang yang terus kita kembangkan untuk menjadi tempat yang menarik untuk berwisata," katanya. 
Hendi menambahkan pembangunan patung Soekarno, bisa menjadi tanda bahwa Indonesia pernah mempunyai presiden yang memiliki ajaran ideologi yang sangat relevan dengan kemajuan Indonesia. Monumen patung yang berdiri di Polder Tawang ini merupakan patung ke empat bung Karno yang dibangun di Kota Semarang. 

" Yang paling penting adalah figur Bung Karno sebagai Founding Father Indonesia yang telah meletakan fondasi pembangunan negara serta ajaran ideologi yang sangat relevan dan besar pengaruhnya untuk kemajuan Indonesia," jelasnya. 

Tiga patung lainnya berada di Jalan S Parman yang dibangun tahun 2014, Jalan Soekarno Hatta yang dibangun tahun 2015 dan di flyover Kalibanteng yang dibangun tahun 2018.

Sementara itu, Kepala Daerah Operasi (Daop) Empat Semarang, Wisnu Pramudyo berharap dengan dibangunnya patung Soekarno bisa menjadi ikon baru Kora Semarang. Patung ini juga bisa menjadi penyemangat para generasi muda dalam menghadapi kehidupan, khususnya selama pandemi Covid-19. ***

Lebih baru Lebih lama