Rebo Wekasan tahun ini bertepatan hari Rabu, 6 Oktober 2021

PURWOREJO - Rebo Wekasan atau biasa disebut juga dengan istilah Rabo Wekasan atau Rabu Pungkasan, yakni hari Rabu terakhir di bulan Safar yang terdapat pada kalender lunar versi Jawa. Rebo Wekasan tahun ini bertepatan hari Rabu, 6 Oktober 2021 dan dalam kalender Islam bertepatan dengan 28 Syafar 1443 Hijriah. 

Dalam tradisi Jawa, pada hari Rebo Wekasan ada anjuran melakukan shalat, berdoa dengan doa-doa khusus, selamatan, sedekah, silaturahim, dan meningkatkan amal baik kepada sesama.

Tradisi ini bermula dari anjuran Syeikh Ahmad bin Umar Ad-Dairobi (W.1151 H) dalam kitab Fathul Malik al-Majid al-Mu-Allaf li Naf'il 'Abid wa Qam'i Kulli Jabbar 'Anid (biasa disebut Mujarrabat ad-Dairabi). Anjuran serupa juga terdapat pada kitab al-Jawahir al-Khams karya Syeikh Muhammad bin Khathiruddin al-'Atthar (W. 970 H), Hasyiyah as-Sittin, dan sebagainya.

Kitab ini menyebutkan, pada tiap tahun hari Rabu terakhir di bulan Safar, menjadi hari yang disunahkan mendirikan salat sebanyak 4 rakaat 2 salam.  Meski demikian, keputusan musyawarah NU Jawa Tengah tahun 1978 di Magelang menegaskan bahwa shalat khusus Rebo Wekasan hukumnya haram kecuali diniati salat sunah muthlaqah atau niat salat hajat.

Menurut KH Muh Barzachi Yusuf Selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al-Huda Sirembes Penungkulan Gebang Purworejo, amal ibadah yang sebaiknya dilakukan pada Rebo Wekasan yakni berupa shalat sunnah. Biasanya, setiap rakaat dalam salat tersebut membaca Al-Fatihah sekali, surat Al-Kautsar sebanyak 17 kali, surat Al-Ikhlas lima kali, Al-Falaq sekali dan An-Nas sekali. Selanjutnya setelah salam membaca doa dan salatnya dilakukan secara berjamaah. "Shalatnya dilakukan di pagi hari (dhuha) " ujar KH Muh Barzachi Yusuf. 

Tradisi Rebo Wekasan sudah berlangsung turun-temurun di kalangan masyarakat Jawa termasuk di Pondok Pesantren Al Huda Sirembes.***
Lebih baru Lebih lama