LSP SDM TIK segera beroperasi

Jakarta, Media Realita News - Lembaga Sertifikasi Profesi Sumber Daya Manusia  Tekhnologi Informatika dan Komputer (LSP SDM TIK) ahirnya resmi terlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikat Lisensi BNSP untuk LSP SDM TIK terbit setelah melewati tahapan pemberkasan dan tiga kali tahap akhir penyaksian uji kompetensi (witness) oleh tim teknis dari BNSP. 

Dengan lisensi dari BNSP, LSP SDM TIK bisa melayani 13 Skema Kompetensi bagi tenaga professional bidang TIK.

“Kami akan segera beroperasi dan membuka pendafaran peserta setifikasi,” ujar Ketua Dewan Pengarah LSP SDM TIK Soegiharto Santoso (Hoky) di Jakarta, (3/1/2022). 

Ia menyatakan akan menjaga integritas LSP SDM TIK dalam menjalankan proses sertifikasi dengan  mematuhi pedoman BNSP. 

Sementara Ketua LSP SDM TIK Totok Sedianto mengatakan, pihaknya akan secara pararel menambah ruang lingkup skema di bidang TIK. 

“Masih banyak skema kompetensi yang dibutuhkan di bidang TIK, khususnya bidang cyber security yang memerlukan penambahan skema,” ujar Totok.

Pihak BNSP sendiri sebelum menyerahkan Sertifikat Lisensi kepada LSP SDM TIK telah melakukan full assessment dan penyaksian langsung sebanyak tiga kali terkait pelaksanaan proses sertifikasi yang dilakukan pihak LSP SDM TIK. 

Pada tahapan ketiga, Ketua BNSP Kunjung Masehat hadir sebagai Ketua Tim pada (22/12/2021). Sementara salah satu Komisioner BNSP Henny  S. Widyaningsih hadir selaku Ketua Tim pada tahapan kedua (13/11/2021). Dan tahap pertama pada (18/09/2021) di Jakarta. 

13 skema yang disertifikasi di LSP SDM TIK adalah : Pemrogram Basis Data, Animator Muda, Network Administrator Muda, Pemrogram Mobile Pratama, Animator Madya, Designer Grafis Madya, Pengembangan Cloud Computing, Desainer Grafis Muda, Desainer Multimedia Muda, Designer Multimedia Madya, Video Editor dan Pemrogram Junior serta Junior Web Programmer. 

Tenaga-tenaga professional yang akan disertifikasi LSP SDM TIK ini banyak berasal dari tim IT media-media online dan media televisi. Ada juga yang bekerja di media cetak dan profesi lain yang membidangi multimedia dan TIK. 

Kehadiran LSP SDM TIK ini mendukung program dan target pemerintahan Presiden Joko Widodo terkait penyerapan tenaga kerja bidang multimedia sebanyak 9 juta orang pada tahun 2022 ini. ***
Lebih baru Lebih lama