Mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta laksanakan program MBKM di MA Muhammadiyah Surakarta

Surakarta, Media Realita News - Tiga mahasiswa dan tiga mahasiswi Politeknik Indonusa Surakarta melaksanakan kegiatan mengajar atau asistensi guru di Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Surakarta yang terletak di Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Kegiatan ini bagian dari program pemerintah yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Nabila Natasya, salah satu mahasiswi peserta menjelaskan, kegiatan ini salah satu media untuk menerapkan ilmu yang telah diperolehnya selama perkuliahan.

"Selain itu juga menjadi wujud partisipasi mahasiswa dan mahasiswi Politeknik Indonusa Surakarta dalam program MBKM yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Surakarta," katanya (27/01/2022).

Mahasiswa/i Politeknik Indonusa Surakarta yang melaksanakan kegiatan asistensi mengajar ini menjadi guru pembimbing sementara sampai materi kuliah usai. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara tatap muka terbatas, yaitu pada tanggal 12, 14, dan 21 Januari 2022. 

Dewi Rahmawati, mahasiswi lainnya, mengaku memperoleh pengalaman baru.

"Semula grogi berhadapan langsung dengan siswa, namun tidak butuh waktu lama saya bisa menyesuaikan diri dan mulai akrab dengan siswa-siswi sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Surakarta ini, menjadi memori yang tidak bisa terlupakan selama menempuh kuliah," pungkasnya.

Di sisi lain, Nurcakhyati, S.Pd, salah satu guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah Surakarta mengaku senang dan bangga kepada mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta yang menerapkan materi kuliah di sekolahnya. 

"Kegiatan ini membantu proses pembelajaran. Kehadiran rekan-rekan mahasiswa dari Politeknik Indonusa Surakarta ini menjadi motivasi peserta didik untuk menempuh pendidikan kuliah sebagaimana mahasiswa yang saat ini melaksanakan program MBKM di sekolah kami," ungkapnya. ***
Lebih baru Lebih lama