Penguatan kelembagaan untuk percepat penguasaan Iptek

Jakarta, Media Realita News - Dalam mendukung penguatan ekosistem riset dan inovasi terintegrasi, pemerintah telah membentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan tugas penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi.

Langkah ini diharapkan berdampak penguatan kelembagaan sehingga mempercepat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkonsolidasi demi kemajuan bangsa. 

Kolaborasi sinergis perlu dibangun antara industri dan lembaga riset, termasuk perguruan tinggi, sehingga industri m berkembang dan berdaya saing. 

Penguatan ekosistem ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sarana mendorong inovasi ke arah penciptaan nilai tambah industri. Revolusi Industri 4.0 menjadi peluang inovasi lembaga penelitian dan perguruan tinggi memanfaatkan teknologi digital dalam segala aspek. 

Ekosistem ilmu pengetahuan dan inovasi juga diharapkan menjadi pendorong tumbuhnya talenta riset dan inovasi, serta industrialisasi yang berorientasi inovasi, sehingga mempercepat peningkatan produktivitas bangsa.

Berkaitan dengan ini, pemangku kepentingan lain harus terlibat, khususnya pihak-pihak terkait di daerah. Pusat penelitian dan inovasi lokal yang spesifik mendorong peningkatan pertumbuhan daerah sangat diperlukan untuk memantik aktivitas riset dan inovasi yang membumi dengan kebutuhan setempat. 

Penguatan tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, termasuk pemerintah desa juga diperlukan untuk akselerasi pembangunan daerah.***
Lebih baru Lebih lama