Lokakarya Orientasi Pendidikan GP Angkatan V Kab. Banyumas membuka persepsi dan visi calon GP, Kepsek, Pengawas Sekolah, dan Dinas Pendidikan

Purwokerto, Media Realita News - Untuk mempersiapkan calon guru penggerak di masa depan, telah dilaksanakan Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan V Kabupaten Banyumas. Lokakarya ini diadakan di Aston Imperium Purwokerto, Hotel Luminor Purwokerto, dan Hotel Java Heritage Purwokerto, Sabtu (21/5/2022). 

Lokakarya di Aston Imperium dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Irawati, S.E., sedang untuk yang di Hotel Luminor dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Drs. Leonalto Adi Sasmito, M.Si., dan di Hotel Java Heritage dibuka oleh Kepala Bidang PGTK Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Sarno, S.Pd., S.H., M.Si.

Pengajar praktik, Yusep Kurniawan, S.Pd., M.Pd., menyampaikan, lokakarya ini mengenalkan ekosistem belajar program Guru Penggerak (GP) kepada para calon GP, memahami alur, peran tim pendukung, dan kompetensi lulusan pendidikan GP, mengidentifikasi posisi diri calon GP pada kompetensi guru penggerak, menyusun rencana pengembangan kompetensi diri GP beserta dukungan, dan tantangan yang akan terjadi, memahami pentingnya membuat portofolio, tahapan, dan contoh portofolio untuk pengembangan kompetensi.

“Lokakarya ini membuka persepsi dan visi yang sejalan antara calon GP, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Dinas Pendidikan untuk saling bersinergi memberikan dukungan kepada calon GP. Mendorong calon GP untuk mengikuti Program Pendidikan GP secara optimal,” terang Alumni Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan Kedua ini.

Hadir pada lokakarya ini Pejabat P4TK Matematika, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah X, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Pengawas TK, SD, SMP, dan SMA/SMK, calon GP, Kepala Sekolah, dan Pengajar Praktik. Sesi dipandu oleh Pengajar Praktik yang dilaksanakan sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk. Semua Pengajar Praktik merupakan alumni Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1 dan 2 Kabupaten Banyumas. ***
Lebih baru Lebih lama