Permainan tradisional diangkat kembali oleh KKG Gugus Wirayuda SD

Purwokerto, Media Realita News - Untuk menyegarkan kembali permainan tradisional dalam pembelajaran di sekolah, sejumlah guru di Kedungbanteng Banyumas melakukan latihan bersama dalam pertemuan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Wirayuda Sekolah Dasar di halaman SDN 1 Kutaliman, Kedungbanteng, Rabu (25/5/2022).
 
Ketua KKG Gugus Wirayuda Kedungbanteng, Yuni Karomah, S.Pd menjelaskan permainan tradisional dipraktikkan sebagai penyegaran materi pembelajaran oleh sesama guru sebagai tutor teman sebaya dengan berbagai macam permainan.
 
“Jenis permainan yang dipraktikkan yaitu asah konsentrasi, dingklik oglak aglik, jala ikan, dan gobag sodor. Semua itu ada dalam pembelajaran tematik untuk melatih kerjasama, kebersamaan, kecerdasan, dan keterampilan bagi siswa,” terangnya.
 
Yuni menambahkan, selama pandemi hampir pembelajaran di luar ruangan tidak dipraktikkan. Kesempatan latihan bersama ini untuk mengingat kembali berbagai jenis permainan.
 
“Melalui refresh materi ini diharapkan guru mampu menerapkannya dengan siswa sehingga pembelajaran semakin menyenangkan. Memberi edukasi dan pengenalan permainan tradisional agar tetap lestari di masyarakat,” pungkas guru kelas VI SDN Melung, Kedungbanteng tersebut.***
Lebih baru Lebih lama