Danrem 071/ Wijayakusuma Kunjungi Kota Lama Banyumas



Banyumas, Media Realita News - Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E. didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Natania Yudha Airlangga, dalam rangka menguri-uri sejarah berdirinya Banyumas, melestarikan budaya lokalnya, serta menghormati jasa leluhur pendiri Banyumas, mengunjungi Kota Lama Banyumas dan berziarah ke makam leluhur pendiri Banyumas , Kamis (8/9/2022).


Turut mendampingi kunjungan Danrem dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 071, Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Candra, S E., M.I.Pol., beserta Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Wiwin Candra, Dandim 0701 /Banyumas Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono beserta Ketua Persit KCK Cabang XVI Dim 0701/ Bms Ny. Niar Iwan Dwi Prihartono, dan Dandim 0702/ Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol beserta Ketua Persit KCK Cabang XVII Dim 0702/Purbalingga Ny. Magda Dipo Sabungan Lumban Gaol.


Kota Banyumas merupakan tempat bersejarah bagi masyarakat Banyumas. Karena ditempat inilah, cikal bakal berdirinya Banyumas sebelum pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas pindah ke Purwokerto.


Dalam kunjungannya di Kota Lama Banyumas, Danrem beserta rombongan dengan dipandu petugas dari Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas mengelilingi Ndalem pangeran, gumbregan, jalan pungkuran, jalan kulon, Kepatihan, masjid Agung Nur Sulaiman yang berlokasi dikomplek Alun-alun Kota Lama Banyumas serta mengunjungi Klenteng Boen Tek Bio. 


Danrem 071 /Wijayakusuma beserta rombongan, selain mengunjungi tempat bersejarah di Kota Lama Banyumas, juga melaksanakan ziarah ke makam Bupati Pertama Banyumas 

R. Djaka Kaiman atau Adipati Mrapat, makam R.T. Yudanegara II (Bupati ke-7) dan ke makam Margono Djojohadikoesoemo di Pesarean Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas.


"Kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai wahana kita untuk mengetahui dan mengedukasi tentang sejarah dan budaya asli Banyumas dalam rangka turut serta menguri-uri dan melestarikan budaya bangsa khususnya budaya lokal asli Banyumas", terangnya.


Disamping itu, lanjutnya “Kita berziarah ke makam Bupati Pertama Banyumas R.Djaka Kaiman atau Adipati Mrapat, ke makam R.T. Yudanegara II (Bupati ke-7) dan ke makam Margono Djojohadikoesoemo (pendiri BRI/orang tua dari Menhankam RI), sebagai bentuk kita menghormati dan menghargai jasa para leluhur pendiri Banyumas.”


"Sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, sudah sepatutnya kita mengkaji dan mempelajari serta meneladani sejarah para leluhur kita. Karenanya, janganlah kita sekali-kali melupakan sejarah", pungkasnya.***

Lebih baru Lebih lama