Ardhi Solehudin Paparkan dan Mengajak seluruh Jajaran Ikuti Aturan Redaksi di Perusahaan Pers


Banyumas, Media Realita News - Pemimpin Redaksi (Pemred) media online dan cetak Media Realita News, Ardhi Solehudin mengatakan untuk mewujudkan profesionalisme kerja, setiap wartawan yang bergabung di perusahaan pers nya, wajib memahami dan melaksanakan tugas,pokok, fungsi dan bertanggung jawab dalam kegiatan jurnalistik.


Tidak hanya wartawan sebaliknya, seorang pemimpin redaksi hingga jajaran kebawah dalam struktur perusahaan pers juga harus kan mengenali tupoksi jabatan yang di embannya.


Hal itu bertujuan guna memenuhi Undang Undang Tentang Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan turunannya yakni peraturan Dewan Pers tentang pedoman pemberitaan media, standar perusahaan pers, kode etik jurnalistik dan aturan lainnya yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers, ucapnya.


Dengan demikian, kata Ardhi Solehudin, akan menciptakan hasil karya jurnalistik yang berkualitas serta  untuk dapat mencapai tujuan sebagai jurnalis profesional.


"Dalam perusahaan pers, setiap jabatan memiliki tupoksi yang berbeda, diantaranya pemimpin redaksi, redaktur pelaksana hingga reporter, sehingga perlu pemahaman sedini mungkin khususnya untuk jajaran Realita News," ujar Ardhi Solehudin, Rabu (21/12/22).


Direktur Utama PT Realita Jaya Sakti ini menuturkan, menjelang hari jadi media Realita News ke 7 tanggal 9 Januari 2023, perusahaan yang dipimpinnya dituntut untuk fokus melakukan fungsi kontrol sosial, baik di tengah - tengah masyarakat maupun pemerintah.


"Kita harus bisa ambil bagian dan berperan mengawal mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, tegasnya.


Ia kerap menekankan kepada seluruh wartawannya tetap harus menjalankan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan perundang undangan lainnya, Selain fungsi menyampaikan informasi, pendidikan dan juga lembaga ekonomi, perusahaan pers juga dituntut melaksanakan fungsi kontrol sosial tersebut, nah fungsi ini yang paling penting, Pungkasnya. ***

Lebih baru Lebih lama