Jelang Nataru Kalapas Purwokerto Bayu Irsahara Minta Jajarannya Tingkatkan Keamanan



PURWOKERTO, Media Realita News - Lapas Purwokerto gelar Apel Siaga Menjelang Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Kegiatan ini serentak dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis seluruh Indonesia pada hari Jumat (23/12/2022).


Apel siaga yang digelar di halaman depan Lapas Purwokerto, diikuti oleh Pejabat Struktural, Staf, dan Regu Pengamanan yang tidak sedang bertugas.


Bertindak sebagai Pembina Apel, Kepala Lembaga Pemasyarakatan, Bayu Irsahara menyampaikan beberapa point penting yang yang berkaitan dengan SE Dirjenpas Nomor PAS-1883.PK.05.08 Tahun 2022 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Menghadapi Perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.


1. Perlu meningkatkan disiplin kinerja dalam melaksanakan tugas dan fungsi.

2. Meningkatkan pengamanan, kewaspadaan dan pengawasan.

3. Melakukan mitigasi resiko sampai pada pengecekan genset secara berkala.

4. Melakukan sinergitas dan koordinasi dengan Aparat Penegak Hukum lainnya dalam upaya mencegah gangguan keamanan terutama pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

5. Memberikan pelayanan kunjungan sesuai Surat Edara Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

6. Mengoptimalkan pemeriksaan orang dan barang untuk mencegah masuknya barang terlarang.

7. Melakukan kerjasama dan koordinasi dengan pihak ketiga terkait dengan pelatihan kemandirian bagi WBP.

8. Melakukan penggeledahan dan razia secara rutin dan insidentil terutama terhadap blok atau kamar hunian dalam rangka deteksi dini dan antisipasi perayaan Natal dan Tahun Baru.


Selanjutnya Bayu menyampaikan arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A. Yuspahruddin pada Apel Siaga Nataru yang digelar pada Rabu 21 Desember lalu.


"Berkaitan dengan pemberian penangguhan cuti bagi pegawai satu minggu sebelum, dan satu minggu setelah perayaan Natal dan Tahun Baru. Dan yang menjadi atensi bahwa untuk pelaksanaan pengamanan Natal 2022 dan tahun Baru 2023 tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 serta tidak diperkenankan mengadakan pesta pergantian malam tahun baru (pesta kembang api dan petasan)," kata Bayu menyampaikan kembali arahan Kakanwil.


"Alangkah baiknya malam tahun baru kita sambut bersama-sama dengan berdoa agar di tahun berikutnya kita dapat lebih baik dari tahun ini," lanjutnya.


Dalam kesempatan ini pula, Bayu menyampaikan bahwa Kakanwil menegaskan netralitas pegawai dalam Pemilu Tahun 2024. Bayu menghimbau agar petugas tetap netral sebagai Aparatur Sipil Negara tidak berpihak pada satu pasangan serta bijak dalam menggunakan media sosial.


"Tetap semangat, tetap kompak, tetap jaga kesehatan, jangan lupa untuk selalu bersyukur. Bersama-sama kita bangun Lapas Purwokerto menjadi lapas yang lebih baik lagi untuk ke depannya," tutupnya. ***


 (Humas Lapas Purwokerto)

Lebih baru Lebih lama