Pemanfaatan Game Edukatif "Word Wall" Untuk Meningkatkan Minat dan Kerjasama Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ekonomi Materi Inflasi


Purbalingga, Media Realita News.Com - Nurul Latifah,S.Pd Mahasiswa Universitas Negeri Makasar, serta seorang Guru di sebuah SMA Negeri 1 Kutasari, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, bahwa Pemanfaatan Game "Word Wall" itu adalah untuk meningkatkan minat dan kerjasama peserta didik dalam pembelajaran ekonomi Materi Inflasi, saat di wawancarai oleh media di kediaman Perum Puri Babakan, Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga, Selasa (7/12/2022).


Bahwa Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa untuk belajar dan menambah wawasannya.


Media selain berfungsi untuk menghubungkan informasi dari satu pihak ke pihak yang lain. Media pembelajaran tersebut juga sangat membantu guru dalam sebuah proses pembelajaran seperti untuk melakukan sebuah post tes.imbuhnya.


Dan Post test itu merupakan bentuk evaluasi akhir dari sebuah pembelajaran. Maka dengan demikian, post tes dilakukan pada tahap penutup kegiatan pembelajaran. Tujuan post tes adalah untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran dan mengukur penguasaan kompetensi peserta didik terhadap guru, imbuhnya.


Proses pembelajaran yang menonton akan menjadi malas dan kurang bersemangat mengikuti pembelajaran dimaksud.Media pembelajaran yang menyenangkan tentunya sangat diperlukan oleh seorang pendidik di era saat ini, guna meningkatkan minat dan dan keaktifan belajar peserta didik. Saat peserta didik mulai kehilangan motivasi dalam belajar, maka peran pendidik harus mampu mengembalikan minat dan keaktifan peserta didik pula. Salah satu diantara adalah inovasi dalam pemanfaatan media pembelajaran.


Media pembelajaran yang interaktif sangat dibutuhkan sebagai solusi dalam permasalahan ini. Sebuah media pembelajaran yang mudah dan efektif untuk digunakan oleh siapapun merupakan target yang dicapai, baik ditinjau dari segi tujuan pendidikan maupun hasil peserta didik yang optimal (Fathurahman.2019:843-850). Media game edukatif yang bisa dilakukan oleh guru dalam pembelajaran ekonomi, khususnya saat guru melakukan post tes materi inflasi dan untuk menganalisis apakah peserta didik sudah memahami materi cara mengatasi inflasi dengan kebijakan moneter.kata Nurul Latifah.


Apa itu media wordwall ? Merupakan aplikasi berbasis website yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram,acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dsb. Yang menarik lagi selain pengguna dapat menyediakan akses media yang telah di buatnya melalui daring, juga dapat diunduh dan dicetak pada kertas. Pada post tes materi cara mengatasi inflasi pada KD 3.4 Menganalisis Indeks Harga dan Inflasi pada kelas XI, guru melakukan post tes menggunakan media wordwall berbasis game terbukti dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dan kerjasama dengan teman kelompoknya. Dengan bantuan media game edukatif membuat peserta didik merasa antusias, dan semangat dalam mengerjakan post tes dibandingkan mengerjakan post tes tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis game edukatif. Bagaimana cara membuat media game edukatif ini ? 1. Mendaftarkan akun di https://wordwal.net/. Klik Sign Up lalu isikan nama, alamat email,kata sandi dan lokasi anda. 2. Pilih Create Activity lalu pilih salah satu template aktivitas yang disediakan. 3. Tuliskan judul dan deskripsi permainan. 4. Ketikkan konten anda sesuai dengan tipe permainnya. 5. Klik Done jika selesai. 6. Share link atau QR code kepada peserta didik kemudian game siap dimainkan, Pungkasnya. (Nurul Latifah,S.Pd) ***

Lebih baru Lebih lama