Wartawan Harus Punya Tanggung Jawab Ke Masyarakat



Banyumas, Media Realita News - Profesi Wartawan mempunyai tanggung jawab moral yang besar terhadap masyarakat, baik dalam pemberitaan yang disajikan maupun sikap dan perilaku di lapangan.


Untuk memenuhi tanggung jawab itu, setiap wartawan harus mematuhi ketentuan yang terdapat dalam kode etik jurnalistik (KEJ) dan UU 40/1999 tentang pers, kata Pemimpin Redaksi Media Realita News Jateng, Ardhi Solehudin dalam acara raker di kantor redaksi pekan lalu.


Menurut Ardhi Solehudin, KEJ dan UU 40/1999 tentang pers merupakan pedoman bagi setiap wartawan yang melaksanakan tugas jurnalistik yang sangat berkaitan dengan kepentingan masyarakat pada umumnya.


Dengan mematuhinya ketentuan KEJ dan UU 40/1999 tentang pers, menurut dia, pemberitaan yang disajikan dapat dipertanggungjawabkan dan juga terhindar dari upaya pembodohan masyarakat. Ketentuan itu pun juga, wartawan akan mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat atau pihak lain yang narasumber berita, imbuhnya.


Ardhi Solehudin mengakui ada beberapa oknum wartawan di Barlingmascakep Jateng yang tidak mematuhi KEJ dan UU 40/1999 tentang pers sehingga menjatuhkan kredibilitas dan nama baik profesi jurnalis. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya berupaya melakukan seleksi secara ketat dan bertingkat terhadap anggota wartawan nya khususnya Media Realita News, Pungkasnya.***

Lebih baru Lebih lama