Rajut Keharmonisan dan Kerukunan Umat Beragama, Danrem Wijayakusuma Hadiri Festival Cap Gomeh 2023



Banyumas, Media Realita News Com - Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., dengan didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Natania Yudha Airlangga, hadiri Festival Cap Gomeh 2023 di Klenteng Boen Tek Bio, Kota Lama Banyumas, Banyumas. Minggu (5/2/2023).


Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengatakan, Cap Go Meh dilaksanakan pada hari ke - 15 setelah perayaan Imlek, ini merupakan Festival Budaya yang sudah diakui secara nasional bahkan bertarap internasional. 


Dikatakan, makna tatung adalah untuk membersihkan atau membuang roh-roh jahat pada tubuh yang di rasuki oleh roh para dewa.  


"Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan kegiatan perayaan umat agama Khonghucu yang diselenggarakan serentak diseluruh wilayah tanah air pada hari ini", paparnya 


Kolonel Yudha juga mengungkapkan, kehadirannya tersebut guna untuk merajut dan menjalin silaturahmi serta untuk memperkokoh keharmonisan dan kerukunan umat beragama khususnya diwilayah Banyumas.


Danrem sendiri menilai bahwa, toleransi antar umat beragama di wilayah Banyumas ini sangat baik, begitu pula dengan wilayah dijajaran Korem 071/Wijayakusuma yang lainnya.


Diketahui bahwa, di Banyumas ini, sudah terkenal dengan toleransinya yang sangat erat. Dan diketahui pula bahwa, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) pertama berdiri di Banyumas dan sebagai embrionya FKUB diseluruh wilayah Indonesia.


"Ini sebagai bentuk kita sebagai bagian masyarakat, bangsa dan negara, TNI menjamin kebebasan umat beragama dalam menjalankan ibadah, meneruskan perintah Presiden RI pada saat Rakornas Forkopimda. ***

Lebih baru Lebih lama