Hari Air Sedunia 2023, Sungai Pelus Dibersihkan



Banyumas, Media Realita News - Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Serayu Citanduy beserta perwakilan stakeholder di Kabupaten Banyumas memperingati Hari air dunia ke-3 dengan kegiatan bersih-bersih sungai dan penanaman pohon di Sungai Pelus pada hari Jumat tanggal (17/3/2023) berlokasi di sungai Pelus desa Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.


Kusdwiyanto Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya air Serayu Citanduy dalam sambutannya mengatakan bahwa Hari air dunia merupakan agenda acara rutin diperingati setiap tanggal 22 maret dan sengaja dilaksanakan lebih awal mengingat minggu depan sudah memasuki bulan puasa, tema hari air sedunia kali ini adalah _Be the change, you want to see in the world_ bermakna sangat dalam tentang tuntutan perubahan ekosistem, diharapkan tema ini dapat mendorong orang untuk mengambil tindakan nyata dalam kehidupan mereka untuk mengubah cara menggunakan, mengkonsumsi, mengelola dan melestarikan air.

Air bersih adalah sumber daya alam yang sangat penting bagi kita untuk memastikan bahwa air tetap tersedia dan berkelanjutan bagi semua mahluk hidup di bumi. Namun dengan populasi manusia yang terus bertambah, pertumbuhan ekonomi yang pesat, perubahan iklim yang semakin tidak terkendali akan membuat sumber daya air alami semakin terancam. 


Hadir dalam acara bersih sungai Perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu opak, Kepala Cabang Dinas ESDM Slamet Selatan, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VI Banyumas, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Sekretaris Dinas Dinas Perikanan dan Peternakan, serta beberapa perwakilan SKPD Kabupaten seperti Dinas Lingkungan hidup, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan peternakan, Camat Purwokerto timur, Camat Kembaran. Turut hadir Ka Polsek Kembaran, Ka Polsek Purwokerto timur, Koramil Purwokerto Utara, Kepala desa Dukuwaluh, Lurah Arcawinangun, Banjarsari Kulon,Rempoah. Koordinator kelompok SDA wilayah sungai Tajum, Unsur relawan Tagana, Pramuka peduli, Forum Masyarakat pengelolaan Sumber Daya air Serayu hilir FORMAS PSDA, Forum Relawan Lintas Organisasi Banyumas Raya FORTASI, Anak Kolong Bikers indonesia teritori Banyumas. Lebih dari 200 orang mengikuti acara peringatan Hari Air Sedunia 2023


Suwarseno Sekretaris dinas Perikanan dan peternakan mewakili pemerintah daerah kabupaten Banyumas menyatakan bahwa Hari air dunia merupakan acara agenda rutin pada setiap tahun setiap tanggal 22 maret. 

Sangat diharapkan pesan pesan dari tema hari air dunia untuk dapat di tindak lanjuti sehingga dapat tercapai pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.


Eddy Wahono pemerhati sungai dan pembina Forum Relawan Lintas Organisasi Banyumas raya dalam sambutannya menjelaskan bahwa sungai Pelus merupakan ordo 3 sebelum masuk ke sungai Serayu bergabung dengan Sungai Klawing, sungai yang melewati wilayah perkotaan sisi timur Purwokerto.

Sungai wilayah perkotaan tidak lepas dari masalah klasik adalah menjadi tempat pembuangan sampah dan limbah masyarakat, seperti yang terlihat hari ini, kesadaran masyarakat masih sangat kurang, menganggap sungai merupakan tempat pembuangan sampah. Semoga dengan adanya pemilihan acara hari sungai sedunia 2023 yang dilaksanakan di sungai pelus membawa manfaat dan dapat menjadi pedoman bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga sungai agar lestari.


Selain acara bersih sungai juga dilaksanakan penanaman pohon dan penebaran ikan.

Lebih baru Lebih lama