Penanaman Mangrove Serentak, Sekda Pati Harapkan Ada Kegiatan Berkelanjutan



Pati, Media Realita News Com - Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Jumani, hadiri penanaman mangrove di Pantai Idola Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti, Senin sore (15/5).

Kegiatan tersebut merupakan puncak penanaman mangrove nasional secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia.


Presiden Joko Widodo melakukan penanaman mangrove bersama TNI yang digelar di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta Utara. 


Sedangkan dari Pantai Idola Dukuhseti, Sekda Pati bersama Forkopimda serta TNI Polri dan relawan mengikuti arahan Presiden Joko Widodo secara virtual.


Sekda Jumani mengatakan, bahwa Kabupaten Pati ini memiliki garis pantai yang luar biasa panjang. Setidaknya ada lebih dari 60 kilometer. Namun tentunya dari semua itu masih banyak yang harus dilakukan penanaman mangrove.


"Jadi masih banyak yang harus kita intervensi untuk ditanami mangrove. Dan mudah-mudahan kegiatan ini berjalan terus, berkelanjutan terus. Ini luar biasa kita mampu bekerja sama dengan TNI, dulu juga pernah dari Polri," ungkap Jumani.


Jumani menyampaikan, bahwa pihaknya bersama instansi terkait juga sering melakukan penanaman mangrove di beberapa lokasi sepanjang pantai di Pati.


"Kita juga sudah sering melakukan itu (penanaman mangrove). Dan mudah-mudahan di sepanjang pantai ini kita bisa menjaga. Bersama Dinas Lingkungan Hidup nanti juga akan ada kegiatan-kegiatan berkelanjutan penanaman mangrove ini," tegasnya.


Sementara itu, Komandan Distrik Militer 0718 Pati Kolonel Inf Catur Irawan menerangkan, kegiatan penanaman mangrove di pantai Banyutowo ini merupakan kegiatan yang dilakukan serentak se Indonesia.


Di Dukuhseti ini, setidaknya ada 2000 bibit mangrove yang ditanam di satu titik dengan luas 2000 meter persegi.

Dalam hal perawatan, nantinya perkembangan mangrove ini akan dipantau oleh TNI bersama masyarakat serta relawan setempat.


"Jadi kedepannya nanti kita bekerjasama dengan masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup, masyarakat peduli lingkungan dan Babinsa Dukuhseti, tetap merawat dan menjaga" paparnya.


Kegiatan penanaman mangrove ini juga merupakan program tahunan yang dilakukan oleh Kodim Pati.

Kedepannya, pesisir di Kabupaten Pati juga akan menjadi target penanaman mangrove pada program selanjutnya. (po5/PO/AP)

Lebih baru Lebih lama