Semangat Gotong Royong, Bupati Banyumas Apresiasi Kegiatan Grebek Suro di Loka Wisata Baturaden


Banyumas, Media Realita News --  Bupati Banyumas Achmad Husein menghadiri acara Grebek Suro di wilayah loka wisata Baturaden yang dimulai dari rumah makan Pringsewu, Kamis (10/8/2023) Turut mendampingi beberapa jajaran perangkat Daerah Kabupaten Banyumas, Camat Forkopimcam Baturaden serta beberapa Kepala Desa. 


Dalam sambutannya Bupati Banyumas memberikan apresiasi dan bangga karena dapat hadir bersama menyaksikan tradisi kultural masyarakat yaitu Grebek Suro. "Kegiatan ini juga dapat meningkatkan silaturahmi dan keagamaan mereka mudah mudahan ini bisa terus menyebar dan akan terus lestari, " tutur Bupati Banyumas. 


Acara grebek suro digelar dalam rangka memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1445 Hijriah atau 1 suro berdasarkan penanggalan kalender jawa. Diisi dengan pawai budaya dan pawai hasil bumi, grebek suro ini mengangkat nilai nilai gotong royong di tengah masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan Bupati Banyumas, melalui kegiatan tradisi adat ini para warga desa Kecamatan Baturaden dapat saling bergotong royong  dan saling memberi.  "Hal ini sangatlah penting bagi kita untuk memelihara dan melestarikan adat budaya yang telah ada sejak zaman nenek moyang kita," ucapnya. 


Bupati Banyumas juga mengajak seluruh warga di Kabupaten Banyumas khususnya  Kecamatan Baturaden untuk terus menjaga tradisi adat dan kebudayaan yang terus dilestarikan kedepannya.

Diawali dengan pawai budaya dan pawai hasil bumi. Dimana masyarakat membawa hasil bumi yang mereka peroleh sebagai rasa syukur atas Rezky yang telah diterima selama satu tahun sebelumnya. Setelah itu, masyarakat saling beramai-ramai untuk menarik dan mengambil hasil bumi sebagai simbul kebersamaan dan gotong royong, itu yang harus dipertahankan serta dilestarikan terus tradisi grebek suro ini, Pungkasnya. (Rian Taufik H) ***

Lebih baru Lebih lama