Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Dampingi Petani Lakukan Program Pompanisasi

 

𝐆𝐫𝐨𝐛𝐨𝐠𝐚𝐧, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬𝐜𝐨𝐦 – Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggalakkan program bantuan pompanisasi, khususnya di lahan persawahan tadah hujan. Program ini dirancang untuk meningkatkan indeks pertanaman (IP) yang selama ini berpotensi besar.


Dalam hal ini TNI mendukung ketahanan pangan nasional, seperti yang dilakukan Serka Suwarno Babinsa Koramil 11/Gabus Kodim 0717/Grobogan, melakukan pendampingan program pompanisasi di Desa Kalipang Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan, Selasa (28/05/24).


Serka Suwarno menyampaikan, pendampingan ini dilakukan untuk memastikan pengolahan lahan dan pompanisasi agar berjalan lancar tanpa kendala, dan juga untuk membantu petani dalam mencapai swasembada pangan di wilayah binaan.


“TNI selalu siap membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanian. Salah satu bentuk bantuannya adalah dengan terjun langsung ke lokasi pompanisasi serta melakukan pendampingan kepada petani di Desa binaan seperti ini,” ujarnya.


Suwarno berharap, dengan dukungan dan bimbingan yang diberikan, penggunaan pompa air ini dapat meningkatkan pengairan dengan optimalkan lahan pada pertanian, guna mendukung pertumbuhan tanaman. Serta meningkatkan produksi hasil pertanian, khususnya bagi petani di Desa Kalipang.


“Melalui ketersediaan air yang cukup dan teratur di lahan pertanian, diharapkan petani lokal dapat meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan ekonomi mereka, serta turut menguatkan ketahanan pangan,” tutupnya. 



Khnza

Lebih baru Lebih lama