Festival Bedug Meriahkan Perayaan Idul Adha 1445 H

 

𝕮𝖎𝖑𝖆𝖈𝖆𝖕, 𝖒𝖊𝖉𝖎𝖆𝖗𝖊𝖆𝖑𝖎𝖙𝖆𝖓𝖊𝖜𝖘𝖈𝖔𝖒 - Dalam rangka menyemarakkan dan menyambut hari raya Idul Adha1445 H / 2024 M. Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Festival Bedug yang dilaksanakan di Alun-alun Cilacap, Minggu (16/05/2024).


Acara dibuka oleh Pj Bupati Cilacap Awaludin Muuri, ditandai dengan pemukulan bedug secara bersama-sama dengan jajaran Forkopimda. Turut hadiri dalam acara tersebut Ketua DPRD Taofik Nurhidayat, Kasdim 0703/Cilacap Mayor INF Saeroji, Kasatbek Lanal Cilacap Kapten Laut (T) Rahmat Sujianto, Ketua Pengadilan Agama Cilacap M. Ihsan, Panitera muda pidana Pengadilan Negeri Budi Saryono, Kabaglog Polresta Cilacap Kompol Budi Haryono, para kepala OPD dan tamu undangan lain.


Ketua Panitia Erna Suharyati mengatakan, kegiatan Festival Bedug ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H dengan harapan untuk lebih memiliki rasa kerukunan dan kepedulian social.



“Kegiatan festival bedug ini diikuti oleh 7 kelompok perwakilan dari 7 kecamatan yaitu Aura nada dari Kecamatan Sidareja, Persada dari Kecamatan Dayeuh luhur, Risalah ngajii dari Kecamatan Cilacap Selatan, Paguyuban Saka Teras dari Kecamatan Cilacap Utara, Al Munawaroh dari Kecamatan Binangun, Makeje dari Kecamatan Jeruklegi dan Al Mubarok dari Kecamatan Cilacap Tengah”, jelasnya.


Sementara itu Pj Bupati Cilacap menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya acara festival bedug ini, karena selain sebagai perayaan suka cita menyambut Hari Raya Idul Adha, sekaligus sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai religius ke dalam diri para generasi muda, dan melestarikan bedug sebagai warisan nusantara.



Pj Bupati berpesan kepada para peserta untuk berlomba secara sportif dengan senantiasa mematuhi setiap aturan yang telah ditentukan, sehingga kegiatan ini akan menjadi sarana hiburan yang menarik, serta nyaman untuk dinikmati oleh penonton yang hadir.


Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati juga menyampaikan ucapan selamat Idul Adha. “Saya secara pribadi dan keluarga, serta atas nama jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap mengucapkan Selamat Idul Adha 1445 Hijriah dan Selamat Menjalankan Ibadah Qurban kepada segenap kaum muslimin dan muslimat di Kabupaten Cilacap yang menunaikannya”, ungkapnya.


Dalam Festival tersebut setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri, sebagai Juara 1 dari Kecamatan Cilacap Utara, Juara 2 Kecamatan Cilacap Tengah, Juara 3 Kecamatan Sidareja, Juara Harapan 1 Kecamatan Binangun, Juara Harapan 2 Kecamatan Dayeuhluhur, Juara Harapan 3 Kecamatan Jeruk Legi, dan Juara harapan 4 Kecamatan Cilacap Selatan.

Lebih baru Lebih lama