Agus Siswoyo SH Ketua Panitia Pilkades Desa Buntu Bertekad Wujudkan Pilkades Sehat dan Bermartabat


Buntu - Profesionalitas dan akuntabilitas kinerja panitia pilkades serentak 2019, khususnya di Desa Buntu Kec. Kroya Kab. Cilacap yang diketuai oleh Agus Siswoyo SH layak untuk diapresiasi. Seluruh tahapan prosesi yang sudah terlewati dilaksanakan secara normatif, sehingga hasil setiap tahapan bisa diterima oleh semua pihak, sekaligus mampu menciptakan suasana yg kondusif. Tak heran bila sampai sekarang tidak terdengar sedikitpun praktik politik uang dan berbagai praktik politik busuk lainnya dari seluruh calon. Padahal pencoblosan Pilkades tinggal menghitung hari yaitu pada 20 Februari 2019.

Hal tersebut merupakan keberhasilan dan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Desa Buntu dan sekaligus sebagai bukti jika ternyata Pilkades sehat dan bermartabat bisa tercipta di desa tersebut.


Ketika dikonfirmasi di tengah-tengah kesibukannya, Agus Siswoyo memaparkan, "Pilkades merupakan momen ketika rakyat selaku pemegang kedaulatan tertinggi di negri ini diberi kesempatan dan kebebasan untuk menggunakan hak pilihnya dalam memilih pemimpinnya. Makanya, selain rakyat harus cerdas dan bertanggung jawab dalam menggunakan hak pilihnya, di sisi lain para calon diharapkan jangan sampai menghalalkan segala cara dalam pencapaian pemenuhan ambisi jabatan, terlebih sampai memecah belah dan merusak persatuan dan kesatuan yang dapat mengancam kondusivitas kehidupan masyarakat, mengingat pada dasarnya kita semua adalah bersaudara," katanya.

Lebih lanjut Agus menegaskan, "Apapun hasil akhir dari Pilkades ini, diharapkan semua pihak bisa menerima secara legowo. Dan siapapun yang terpilih nantinya sebagai Kades, itulah putra terbaik desa ini yang harus dihormati dan diapresiasi," paparnya.

Sementara ketika disinggung terkait sejauh mana kinerja panitia, secara detail Agus menyatakan, "Di Desa Buntu prosesi pilkades berjalan sangat demokratis, terbukti diikuti oleh 7 bakal calon (balon) kades. Kemarin (31/1/2019) kita laksanakan ujian seleksi balon karena menurut regulasi, calon kades maksimal 5 orang," paparnya.

Agenda hari ini (1/2/2019) adalah penetapan berikut nomor urut calon berdasarkan undian yang dilakukan secara transparan dan akuntabel yang hasilnya adalah :
No. Urut 1: Kuatman
No. Urut 2: Samingun SH
No. Urut 3: Rustam SPd
No. Urut 4: Mujiono
No. Urut 5: Muhamad Muttaqien.
Selain penetapan sekaligus juga diadakan pembacaan ikrar damai oleh seluruh calon.

Lebih lanjut, Agus memohon doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat agar pilkades ini bisa berjalan dengan damai, sehat dan bermartabat.
"Sehingga nantinya dapat melahirkan sosok kades yg amanah, visioner dan mampu membawa perubahan dan peningkatan kesejahteraan bagi seluruh warga masyarakat desa" demikian diharapkannya.

 (Sulyo)
Lebih baru Lebih lama