Juguran Komunitas Setu Pahingan Banyumas








Purwokerto - Komunitas Juguran Setu Pahing Banyumas (Setupa Mas) pada malam hari ini Jumat 5 Juli 2019 menggelar silaturahmi di rumah Bp. Gino Jl. Karangklesem Purwokerto.
Awal mula dari gagasan untuk mengadakan juguran semacam ini, menurut ketua komunitas yaitu Rangga Sujali diawali dari pertemuannya dengan beberapa sahabat pada sekitar tahun 2008 di Pendapa Yudanegara Purbalingga. Mereka antara lain Mas Agus, Sunardi MT, Nasirin, Rahmat Saleh, Prof Sugeng Priyadi, Eyang Gito Sewoyo, Risman Bujel, Kuntarto, dll.

Berawal dari kumpul macapatan, pertemuan berkembang menjadi juguran membahas aneka hal yang menjadi perhatian bersama.

Oleh karena kesibukan masing-masing pertemuan menjadi semakin sulit dilakukan dan setelah sempat vakum selama beberapa tahun, Rangga Sujali ingin kembali merekatkan paseduluran (persaudaraan) yang lebih luas cakupannya, dengan melanjutkan tradisi juguran yang sesungguhnya merupakan tradisi bangsa, khususnya di Banyumas.



Juguran kali ini dihadiri sekitar 35 anggota dari berbagai latar belakang, namun memiliki semangat yang sama yaitu antara lain menjaga semangat paseduluran, nguri-uri budaya, dan merawat kebhinnekaan.








Pelukis senior Banyumas Mbah Hadiwijaya pada kesempatan itu didaulat untuk memotong tumpeng kemudian potongan tumpeng diberikan kepada putera Rangga Sujali yang kebetulan akan dikhitan. ***
Lebih baru Lebih lama