BABINSA BANTU PETUGAS COVID 19 LAKUKAN CONTACT TRACKING

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk memutus penyebaran virus corona. Salah satunya dengan contact tracking untuk mengendalikan wabah, dengan mengetahui siapa saja yang telah bertemu dengan penderita Covid-19 sehingga memudahkan petugas kesehatan mengambil tindakan agar virus tidak menyebar luas.

BOYOLALI - Mendukung hal itu Babinsa Demangan Koramil 10/ Sambi Kodim 0724/Boyolali Sertu Agus Budiyanto membantu tim Satgas Covid melakukan contact tracking di Dukuh Tlogo RT 3 RW 2 Desa Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, (04/11).

Sertu Agus menjelaskan pentingnya tracking guna untuk menelusuri jejak kontak antara pasien positif Covid19 dengan orang yang sering berinteraksi dengannya.

“Tindakan tracking ini perlu dilakukan agar pasien positif Corona tidak semakin bertambah. Selain tracking, pasien tersebut juga diharuskan melakukan isolasi mandiri dengan memperhatikan aturan pemerintah tentang aturan protokol kesehatan.

Saat ini yang bersangkutan berada di rumah, kondisinya sehat namun masih perlu pemantauan yang ketat dan dia wajib isolasi mandiri yang diawasi langsung oleh pihak Dinas Kesehatan terutama dari petugas puskesmas,” ujar Babinsa Demangan. ***


CEK FAKTA: BENARKAH HABIB RIZIEQ SHIHAB JADI PENCUCI PIRING DI ARAB SAUDI?

Narasi yang menyebutkan pentolan FPI Rizieq Shihab bekerja sebagai pencuci piring di Arab Saudi, beredar di media sosial.

Hal tersebut diunggah oleh akun Facebook berinisial NK.

Akun tersebut mengunggah foto tangkapan layar artikel sebuah media daring berjudul 'Breaking News: Rizieq Shihab Dikabarkan Menjadi Pencuci Piring di Arab Saudi'.

Unggahan tersebut disukai sebanyak 126 kali dan dikomentari sebanyak 266 kali.

Benarkah klaim tersebut?

Dari penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (28/10/2020), klaim yang menyebut Rizieq Shihab menjadi pencuci piring di Arab Saudi adalah klaim yang keliru.

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencarian Google, tidak ditemukan informasi valid terkait Rizieq menjadi pencuci piring di Arab Saudi.

Tidak ditemukan satu pun media yang memberitakan perihal Rizieq menjadi pencuci piring di Arab Saudi.

Adapun foto Rizieq yang diunggah oleh akun tersebut mengarah pada foto asli yang digunakan sejumlah pemberitaan terkait kepulangan Rizieq ke Indonesia.

Salah satunya Detik.com yang menggunakan foto tersebut sebagai ilustrasi di salah satu pemberitaan berjudul 'Wanti-wanti MUI hingga DPR soal Habib Rizieq Pulang Pimpin 'Tsaurah'' yang tayang pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut Rizieq Shihab jadi pencuci piring di Aarab Saudi adalah klaim yang keliru.

Klaim tersebut masuk dalam kategori konten palsu atau fabricated content.

Sumber:

https://jabar.suara.com/read/2020/10/28/143559/cek-fakta-benarkah-habib-rizieq-shihab-jadi-pencuci-piring-di-arab-saudi

Lebih baru Lebih lama