CALON KAPOLRI DIMINTA SIAPKAN MITIGASI TANTANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

JAKARTA - Komisi III DPR akan menggelar rapat pimpinan dan Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) pada hari ini Selasa (19/1) pukul 14.00 WIB dalam rangka mempersiapkan proses uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri yang dijadwalkan digelar pada Rabu besok (20/1).


Foto Antaranews.com


Tim ahli dari calon Kapolri akan menyerahkan makalah calon Kapolri kepada Komisi III yang isinya merupakan arah serta kebijakan Kapolri ke depan. Makalah ini akan dipelajari anggota Komisi III sebagai bahan untuk uji kelayakan dan kepatutan.

Terkait hal ini calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo diharapkan dapat menjabarkan arah kebijakan calon Kapolri yang bisa relevan terhadap tantangan nasional yang dihadapi bangsa Indonesia, salah satunya terkait pesatnya perkembangan teknologi informasi dalam memasuki revolusi industri 4.0.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry. Seperti dilansir oleh kantor berita Antara, ia juga berharap agar Kapolri nanti dapat membangun sistem teknologi dan digitalisasi data dalam pelaksanaan fungsi kamtibmas serta pelayanan publik, dan bisa lebih menekankan pendekatan keadilan restoratif atau "restorative justice".

Dia menilai pendekatan keadilan restoratif seharusnya bisa lebih dikedepankan untuk memenuhi rasa keadilan semua pihak dengan melibatkan korban, pelaku, dan masyarakat sekitar. ***

(antara/mrn)



Baca juga:

DHARMA PERTIWI TNI KIRIM BANTUAN UNTUK KORBAN GEMPA

POSKO TNI AL PEDULI MAMUJU SIAP KOLABORASI





Lebih baru Lebih lama