DOAKU DARI KAWANKU JUGA UNTUK KAWANKU

Seberapa pun yang mampu kita bantu dan berikan kepada saudara kita yang tengah tertimpa bencana alam maupun bencana pandemi Covid-19 adalah perlu dan patut dilakukan untuk meringankan kesulitan yang  mendera mereka.

Itulah wujud kepedulian kita yang ikhlas serta tulus seadanya, sekemampuan kita. Percayalah semua niat baik kita tidak akan sia-sia, meskipun tidak tak juga mustahil dapat membuahkan kebaikan pula. Setidaknya hati kita pasti akan bersemi bunga keindahan yang tak terlukiskan.

Bencana yang terjadi itu, toh  tidak pernah kita harapkan. Seperti alam itu sendiri  yang menyimpan  rahasia Yang Maha Kuasa tanpa pernah bisa kita duga presisinya  sebelum kejadian.

Apapun bentuk dan wujudnya  yang bisa kita berikan itu bukan atas rasa belas kasihan. Tapi semata-mata empati atau getaran rasa kemanusiaan sebagai saudara.

Jadi penghiburan dan doa pun pasti bermakna bagi mereka jika sungguh tulus dan ikhlas kita berikan.

Agaknya begitu tampaknya apa yang ada di balik hikmah bencana itu yang telah menggetarkan rasa kemanusian kita. Sebab ada rasa yang tak patut bila kita cuma berpangku tangan. Tak berbuat apa-apa, walau hanya sekadar doa.

Setidaknya dengan berdoa itu kita sendiri pun jadi terus mengingat Tuhan. Sehingga sikap jumawa pun tiada gunanya untuk siapa-siapa termasuk bagi diri kita sendiri. Karena kita pun, tiada daya untuk mengelak atau menangkis sergapan dari  bencana yang bisa datang kapan saja menghampiri kita.

Tuhan, kami percaya dengan segala kuasa, kasih dan sayang-Mu. Karenanya berilah kami kekuatan dan ketabahan untuk menerima takdir-Mu apapun juga bentuk dan wujudnya. Sebab kami tidak dapat  melampaui kekuasaan-Mu pada jagat alam serta isi bersama semua makhluk yang ada.

Jakarta, 19 Januari 2021

Jacob Ereste



Baca juga:

PEMKAB BANYUMAS OPERASIONALKAN 6 TPST BARU

DR. ARIF UBAH STIGMA PASIEN ODGJ




Lebih baru Lebih lama