DR. ARIF UBAH STIGMA PASIEN ODGJ

SIDOARJO – Puskesmas Trosobo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menerapkan inovasi Pojok Pitu, yakni Posyandu Jiwa dengan terapi okupasi terpadu hasil inovasi yang diciptakan oleh dr. Arif Rahman Nurdianto.


Foto Kemenpan


Inovasi ini melibatkan kerja sama banyak pihak lintas sektor, karena tujuannya tidak hanya membuat pasien sehat, tapi juga memiliki lapangan kerja yang bisa diandalkan.

Sebagai Kepala Puskesmas Trosobo.  dr. Arif telah menunjukkan motivasi kuat membantu pasien. Di wilayah kerja Puskesmas Trosobo pada tahun 2015 tercatat ada 70 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan pada tahun 2019 terdapat 151 dengan penyebaran terbanyak di Desa Sambibulu. Hingga pada akhir 2018, inovasi Pojok Pitu kemudian diciptakan.

Inovasi yang kini sudah berjalan selama kurang lebih dua tahun ini menggaet banyak pihak dari sektor kesehatan dan pemerintah misalnya dokter, bidan desa, dan perawat yang melakukan kunjungan di Posyandu Jiwa dengan difasilitasi oleh Pemerintah Desa Sambibulu.

Program Pojok Pitu juga merangkul Ikatan Alumni Universitas Airlangga untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas para penderita ODGJ. Puskesmas dan pemerintah desa juga bekerja sama dengan agrowisata di Desa Sambibulu yang memungkinkan mantan ODGJ bisa memiliki pekerjaan. 

“Sehingga mereka dapat menghasilkan uang untuk keluarga dan quality of life-nya meningkat,” ungkapnya.

Seperti dikutip dari laman Kemenpan, berkat tekad dan inovasinya maka dr. Arif Rahman Nurdianto terpilih menjadi 10 besar calon penerima Anugerah ASN 2020 untuk kategori The Future Leader. Pojok Pitu berhasil mengantarkan Sidoarjo menerima penghargaan Swastu Saba dari Kementerian Kesehatan pada tahun 2019. 

Salah satu keberhasilan program ini adalah minimnya angka kasus kambuh pasien ODGJ, keteraturan berobat, serta peningkatan kualitas dan status ekonomi pasien.

 “Setidaknya dengan program ini kita bisa memanusiakan manusia serta menjadikan ODGJ tidak terlantar dan meningkatkan quality of life pasien tersebut,” pungkasnya. ***

(menpan/mrn)



HATI-HATI PENIPUAN MENGATASNAMAKAN KARTU PRAKERJA


Sumber Kemenkominfo


Ada banyak modus penipuan berkedok informasi pembukaan Gelombang 12 Kartu Prakerja. Masyarakat diminta selalu bijak dalam menggunakan media sosial. Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id

Perhatikan bahwa nama situs diakhiri dengan go.id.

Pastikan juga untuk tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi, pastikan hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi untuk pendaftarannya.

Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja.

Berikut ini adalah beberapa alamat resmi situs prakerja.

Website: www.prakerja.go.id

Instagram: www.instagram.com/prakerja.go.id

Facebook: www.facebook.com/prakerja.go.id 




Baca juga:

PRESIDEN TINJAU DAN PASTIKAN KEPERLUAN WARGA TERDAMPAK BENCANA TERPENUHI

MPMK LEBAK DUKUNG KOMJEN POL LISTYO SIGIT PRABOWO





Lebih baru Lebih lama