MEDIA HARUS DILINDUNGI, JANGAN ADA YANG HALANGI KERJA JURNALISME

BANYUMAS - Wakil Pimpinan Redaksi Media Realita News Hadi Try Wasisto R menyatakan media memiliki peran penting dalam membangun demokrasi, membangun check and balance, memperkuat partisipasi masyarakat. Sementara itu, Ketua Umum sekaligus pendiri Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Ir. Nahdiyanto mengajak wartawan untuk mengisi jagad informasi dengan berita akurat.




"Kebebasan pers menjadi hal utama yang perlu dijaga dan menjadi semangat reformasi. Media harus dilindungi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat," kata Waka Pimpred Hadi saat menyambut hari jadi Media Realita News ke-4 di kantor redaksi, Jl. Raya Patikraja Banyumas No 14, Kabupaten Banyumas, Sabtu (9/1).) 

Waka Pimpred menekankan, jangan ada yang menghalangi media dalam menjalankan kerja jurnalisme. "Jangan ada yang melakukan kekerasan kepada wartawan yang tengah menjalankan profesinya," tegasnya.

Oleh karena itu Waka Pimpred meminta, terutama kepada pemilik media agar kesejahteraan wartawan diperhatikan. "Ini penting. Profesi manapun ketika meningkat juga mestinya kesejahteraannya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Waka Pimpred juga mengajak anggota AWPI dan para wartawan umumnya untuk bersama membangun demokrasi Indonesia menjadi lebih berkualitas, lebih sehat dan lebih kuat. "Bersama sama kita menjaga agar rakyat jangan terpecah belah hanya karena beda pilihan politik," pintanya.

Ia mengingatkan bahwa pilihan kebangsaan hanya satu yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahwa persatuan aset bangsa yang harus dijaga, harus dirawat, harus dipelihara, dan dipertahankan. Namun seiring dengan itu, muncul tantangan lain berupa hoax, kabar bohong, berita palsu. Oleh karena itu Waka Pimpred mengingatkan bahwa media memiliki peran penting dalam membangun demokrasi, membangun check and balance, dan memperkuat partisipasi warga. Ia meyakini, kebebasan pers akan memunculkan pemerintahan yang responsif, pemerintahan yang transparan, dan akuntabel.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Babinkamtibmas Polsek Patikraja Aiptu Joko dan Babinsa Serka Khamidin. Juga hadir rekan rekan-rekan wartawan dari berbagai media di Jawa Tengah. ***

(Buchori)


Lebih baru Lebih lama