Guru Penggerak Cilacap Adakan Pelatihan


CILACAP - Salah satu peran guru penggerak yaitu menjadi mentor guru yang lain untuk pembelajaran yang berpusat pada murid. Peran tersebut dilaksananakan guru SMPN 4 Cilacap Landung Baskoro pada guru SDN Sidanegara 9 dan SDN Sidanegara 5 melalui pelatihan kompetensi guru dalam media pembelajaran (10-11/3). 

Mereka dilatih membuat twibbon, rekam layar, edit video, membuat flyer, dan cara upload ke Youtube untuk menunjang kegiatan pembelajaran. 


Menurut Landung, pendampingan ini bertemakan Berbisa yaitu akronim dari "Berbagi untuk sesama".



"Praktik pembelajaran seyogyanya ditularkan kepada guru lain agar bermanfaat dan menjadi salah satu solusi pembelajaran jarak jauh,” jelas Landung.


Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring. Guru yang WFO (work from office) mengikuti secara luring dan bagi yang WFH (work from home) bisa mengakses melalui Youtube. 


Salah satu peserta dari SDN 09 Sidanegara Sangadah Setyowati  mengatakan kegiatan pelatihan tersebut memberikan banyak manfaat.


"Pelatihan ini memberi pengetahuan baru dalam pemanfaatan IT untuk sarana pembelajaran maupun promosi sekolah. Caranya sederhana dan bermakna” ujar Sangadah yang berharap kegiatan ini berkelanjutan agar guru-guru lain dapat meningkatkan kompetensi dalam pembelajaran daring.



Hal senada diungkapkan Anggraeny, peserta dari SD Sidanegara 05 Kecamatan Cilacap Tengah. Ia mengatakan pendampingan ini bagus dan menarik, mudah dimengerti.


"Butuh ketelatenan saja. Semoga pelatihan seperti ini berkelanjutan” kata Anggraeny. *** 

Nur Sry






Lebih baru Lebih lama