Pembentukan Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa Kejawang


KEBUMEN - Sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs) dan pembentukan Kelompok Kerja Pendataan dilaksanakan di Balai Desa Kejawang Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen (26/03).


Hadir Kapolsek Sruweng AKP Tri  Sudjarwadi SH, perwakilan Koramil Sruweng Sertu M Andi, Camat Sruweng Suyitno S.Sos, pendamping desa Eko Mulyanto, Lurah Sadimin, tokoh masyarakat dan perwakilan warga setempat


Sadimin selaku Kepala Desa menyampaikan, “SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.   


"SDGs Desa merupakan pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021", terangnya. 


Eko Mulyanto selaku Pendamping Desa Pemberdayaan menambahkan mengacu dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah. Karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa.


BACA JUGA:
Launching ETLE Nasional Tahap 1


"Pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran data SDGs Desa ialah Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa, pemerintah daerah kabupaten/ kota, pemerintah daerah provinsi, dan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi", ujarnya. 


Pengolahan dan analisis data dilakukan secara elektronik oleh Sistem Informasi Desa yang dikembangkan oleh Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi. 


Hasil pengolahan dan data SDGs Desa dapat dilihat oleh pemerintah desa secara detil, dan rekapnya dapat dilihat oleh pemerintah daerah pada level kecamatan, kabupaten /kota, dan provinsi, serta masyarakat pada umumnya tandasnya. ***

Lebih baru Lebih lama