KRI Mentawai 959 siap didistribusikan material logistik militer


BATAM - KRI Mentawai 959 yang dinakhodai Mayor Laut (P) Tedi Febrian Abadi, Minggu (18/4) tiba di Dermaga Batam dan langsung melaksanakan embarkasi material logistik yang akan didistribusikan ke beberapa pangkalan TNI AL.


Kapal perang jenis Coaster yang berfungsi sebagai kapal angkut logistik ini akan mengangkut 6 combat boat untuk didistribusikan ke Lantamal XII Pontianak, Lantamal V Surabaya, Lantamal VI Makassar, Lantamal VIII Manado, Lantamal IX Ambon dan Lantamal XI Merauke.


Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah seperti dikutip dari Puspen TNI (18/4) mengatakan bahwa dalam rangka mendukung operasi dukungan angkutan logistik militer ke seluruh wilayah Indonesia telah disiapkan satu unsur KRI yaitu KRI Mentawai 959.


Dalam penugasannya, KRI Mentawai 959 embarkasi /mengangkut material logistik dari Jakarta dan debarkasi ke pangkalan - pangkalan tujuan yang telah ditentukan sesuai perintah operasi.


"Dan sesuai rencana operasi, KRI Mentawai 959 akan mendistribusikan material logistik untuk beberapa pangkalan mulai wilayah barat hingga timur" jelas Pangkolinlamil.


Sementara hal yang sama disampaikan Komandan KRI Mentawai 959 Mayor Laut (P) Tedi Febrian Abadi bahwa saat ini kondisi kapalnya dan seluruh anak buah kapal dalam kondisi siap, sehingga dalam penugasan mendukung pergeseran material logistik ke beberapa wilayah Barat hingga Timur Indonesia diharapkan akan berlangsung dengan lancar tanpa terdapat suatu halangan.


Saat embarkasi, sebelum bertolak, sesuai prosedur Komandan KRI Mentawai 959 Mayor Laut (P) Tedy Febrian melaksanakan pengecekan kesiapan dan kelengkapan serta pengarahan kepada personel sebelum berlayar ke daerah tujuan.


Operasi pergeseran material logistik yang dilaksanakan KRI Mentawai 959 merupakan salah satu tugas dan fungsi Kolinlamil yang tercantum dalam Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI, yaitu  sebagai pembina tunggal  angkutan laut militer TNI, dengan menyelenggarakan pergeseran pasukan TNI yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis. 


KRI Mentawai 959 adalah jenis kapal perang Bantuan Umum (BU) yang memiliki spesifikasi panjang 74,54 meter dan lebar 11,30 meter.


KRI Mentawai 959 masuk jajaran TNI AL pada tanggal 1 September 1964 dan dioperasikan oleh Kolinlamil sejak tahun 1975. 


Kapal perang ini memiliki berat 1.301 DWT dan mampu mengangkut 1000 ton dan personel dengan fasilitas 2 crane untuk angkut logistik mandiri.***


Lebih baru Lebih lama