Laksana Tri Handoko segera dilantik jadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional


JAKARTA - Laksana Tri Handoko lahir di Malang, 7 Mei 1968 menyelesaikan gelar sarjananya bidang fisika di Universitas Kumamoto, Jepang tahun 1993. Kemudian tahun 1995, Laksana Tri Handoko meraih gelar master Universitas Hiroshima Jepang di bidang fisika teori. 3 tahun berselang, bapak dua anak itu meraih gelar doktor di universitas yang sama.


Sebetulnya ia mulai terjun di dunia penelitian jauh sebelum ia mendapatkan gelar sarjana, yakni pada tahun 1987. Kala itu, ia bekerja di Pusat Penelitian Fisika. Lalu, ia menjadi Kepala Grup Fisika Teori dan Komputasi Pusat Penelitian Fisika tahun 2002-2012. Di tahun 2012, ia naik pangkat dan menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI.


2 tahun berselang ia menjabat Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI. Di tahun 2018, Laksana Tri Handoko dilantik oleh Mohamad Nasir yang kala itu Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).


Seperti dilansir detikcom Laksana Tri Handoko akan dilantik sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sore ini (28/4/2021).***

Lebih baru Lebih lama