MA Ma'arif NU Cilongok bersiap jadi madrasah keterampilan


CILONGOK - Seiring perkembangan era revolusi industri 4.0, Madrasah Aliyah (MA) Ma'arif NU Cilongok bersiap membuka program unggulan keterampilan dengan studi banding ke MA Al-Irsyad Gajah, Demak (5/4/2021).


Tim Pengembang MA Ma'arif NU Cilongok Akhmad Muzaki menyampaikan studi banding itu untuk mencari formula baru program khusus keterampilan sebagai upaya peningkatan layanan pendidikan, kinerja internal, dan program madrasah 2021.


Program studi banding dari awal untuk mencari gambaran program MA Plus Keterampilan sesuai surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, MA Plus Keterampilan akan menjadi pilot project bagi MA lainnya.


BACA JUGA:
Penanganan darurat saluran induk tanggul jebol di Desa Kebonsari, Borobudur tampakkan hasil


"Hasil studi banding ini akan menjadi dasar penyusunan program keterampilan. Penyusunan konsep ini akan segera direalisasikan dibawah koordinasi LP Ma'arif NU Banyumas," jelasnya.


Apabila tahun 2021, lanjut Muzaki sudah mengajukan usulan program, maka akan menjadi satu-satunya MA Plus Keterampilan sesuai nomenklatur Kemenag RI sehingga madrasah semakin berkembang dan diminati masyarakat. Tahun ini diusulkan agar segera terwujud program pembekalan lifeskill siswa. Kelak dapat mendistribusikan alumni untuk masuk sektor industri dan dunia usaha.


Kepala MA Ma'arif NU Cilongok, M. Asror Sa'bani mengapresiasi MA Al-Irsyad Gajah, Demak yang menyelenggarakan program keterampilan sesuai keputusan Dirjen Pendis. MA swasta dan berhasil menjadi percontohan program keterampilan.


BACA JUGA:
Hari pertama belajar tatap muka di Purwokerto


Asror menceritakan, pada ajang Porsema dan Oskanu, MA Al Irsyad Gajah, Demak sering menjadi lawan tanding MA Ma'arif NU Cilongok dalam perlombaan tingkat nasional, kali ini MA Al-Irsyad Gajah menjadi madrasah percontohan inspiratif.


"Kami tidak akan menjiplak yang sudah dilakukan MA Al-Irsyad Gajah, Demak, namun kami akan mengembangkan potensi yang dimiliki. Pengembangan itu akan disesuaikan dengan daya dukung, sumber daya, dan kemampuan teknis yang tersedia," pungkas Wakil Sekretaris Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kabupaten Banyumas tersebut. ***

Lebih baru Lebih lama