Potensi Wisata di Kampung Laut


CILACAP - Kecamatan Kampunglaut Kabupaten Cilacap memiliki potensi wisata berupa wisata bahari berupa pantai, hutan mangrove, kuliner ikan, dan juga wisata historis / religi. Bila dikelola secara baik, dan warga masyarakat memiliki kemampuan untuk mewujudkan wilayah yang sadar wisata maka Cilacap dalam hal ini Kampung Laut dapat memiliki potensi pendapatan yang lebih baik dari sektor pariwisata dengan mendongkrak perekonomian yang selama ini masih banyak mengandalkan perikanan dan pertanian. 


Beberapa waktu yang lalu (17/3) komunitas Goramas berkunjung ke Desa Grugu Kecamatan Kampunglaut Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Rombongan berangkat dari Purwokerto sekitar pukul 08.00 dan langsung menuju ke Desa Grugu Kecamatan Kampunglaut. Kami disambut Pak Sujarwo tokoh masyarakat setempat di sebuah titik pertemuan yang terletak di dekat dermaga Grugu. Pak Sujarwo adalah mantan kepala desa Grugu dan pernah menjabat sebagai kepala desa Grugu untuk dua periode, terakhir ia menjabat pada periode 2012 - 2019. 


"Kami dari Goramas bekerjasama dengan tokoh masyarakat Kampunglaut ingin berperan serta membangun perekonomian warga, khususnya pada sektor pariwisata. Hari ini kami mengunjungi beberapa titik lokasi untuk mempelajari peluang yang bisa ditawarkan kepada masyarakat," demikian kata Pak Sukirlan ketua Goramas. Hal senada juga dikatakan oleh Pakde Gobed sesepuh Goramas.


BACA JUGA:
Hari pertama belajar tatap muka di Purwokerto


"Kawasan Segara Anakan memiliki hutan mangrove yang sangat unik dan situs sejarah yang bila dikelola secara profesional akan menjadi sumber pendapatan di sektor pariwisata, untuk mendukung perekonomian warga setempat yang selama ini banyak mengandalkan sektor perikanan dan pertanian," katanya.


Liputan perjalanan selengkapnya telah dipublikasikan di media nasional KOMPASIANA dengan judul "Melihat Jejak Sejarah Pengaruh Paku Buwana X di Cilacap"
 
***
Lebih baru Lebih lama