Tanaman sayur hidroponik untuk ketahanan pangan di masa pandemi

BANYUMAS – Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro mendukung ketahanan pangan dengan panen sayur sistem Hidroponik (14/7/2021) di Makorem 071/ Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. 

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro, Ny. Dewi Lagan Safrudin mengatakan, di masa pandemi covid-19, Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/ Diponegoro melakukan upaya mendukung ketahanan pangan.

"Yakni dengan menanam sayuran dan memanfaatkan lahan di sekitar kita untuk mendukung ketahanan pangan khususnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga", ungkapnya. 

Pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh Persit Kartika Chandra Kirana Cabang Korem 071/Wijayakusuma untuk memanfaatkan lahan kosong di setiap satuan sebagai lahan menanam sayuran atau budidaya ikan”, ujar Ny. Dewi Lagan.

Dikatakan Dewi Lagan, Hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, budidaya tanaman ini lebih mengutamakan media air yang telah dicampur dengan nutrisi.

 "Tanaman hidroponik ini tidak memerlukan lahan yang luas, dapat memanfaatkan lahan di sekitar rumah maupun kantor yang relatif sempit", terangnya. 

"Kegiatan ini dapat menambah perekonomian rumah tangga. Dengan panen ini, otomatis kita dapat menghemat pengeluaran kita", ungkapnya. 

"Ini sebagai contoh dan hal ini juga kita dapat tularkan kepada masyarakat sebagai wahana pemanfaatan lahan kosong penambah perekonomian keluarga", himbaunya. 
Lebih baru Lebih lama