Kesiapsiagaan antisipasi bencana alam dan non-alam

BANYUMAS - Aparat gabungan dari unsur TNI-Polri, Forkopimda, BPBD, Tagana, Linmas, SAR, PMI, Senkom, RAPI dan ormas di Kabupaten Banyumas menggelar apel siap siaga dan tanggap menanggulangi bencana alam serta cuaca ekstrim di Lapangan Kodim 0701/Banyumas  (23/09).

Apel dipimpin Wakil Bupati Banyumas Drs. Sadewo Tri Lastiyono didampingi Kombes Pol M. Firman Lukmanul Hakim S.H.,S.I.K.,Msi, Dandim 0701/ Banyumas Letkol Inf. Candra SE., M.I.Pol. diwakili Pasiter dan sebagai Komandan apel Kapten Inf Kuswadi (Danramil 19/ Wangon).

Kegiatan ini memantapkan personil menghadapi kemungkinan bencana, mengecek kesiapan personil, kesiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Dalam amanat Bupati Banyumas yang dibacakan wakil Bupati Banyumas disampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolresta Banyumas, Dandim 0701/Banyumas, para relawan dan semua pihak yang bersinergi dan berkolaborasi memperkuat komitmen dan koordinasi semua pihak.

Meskipun saat ini energi dan perhatian banyak untuk mencegah dan mengiliminir dampak dari pandemi covid-19 ini, namun jangan terlena untuk mengantisipasi kemungkinan bencana alam dan non alam.

"Mari merapatkan barisan bergandeng tangan dan bersinergi melakukan persiapan menghadapi setiap kemungkinan bencana alam maupun non alam,  termasuk langkah-langkah penanggulangannya," kata Bupati Banyumas.

Dandim 0701/ Banyumas Letkol Inf Candra SE.M.I.Pol menambahkan, semua pihak harus menyiapkan diri menghadapi bencana dan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Kodim 0701/Banyumas ll telah menyiapkan personil dan material bila sewaktu-waktu dibutuhkan menanggulangi bencana.

“Kita mempunyai tugas untuk melaksanakan operasi kemanusiaan penanggulangan bencana bersama instansi terkait guna mencegah kerugian yang lebih besar yang diakibatkan bencana alam. Semoga memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara sekaligus membangun semangat berjuang demi kemanusiaan,”pungkas Dandim.

Hadir perwira Kodim 0701/Bms, Perwira Polresta Banyumas,  Kodim 0701/Bms, Brimob Purwokerto, Polresta Banyumas, BPBD & Tagana Banyumas, Senkom Mitra Polri, Senkom Purwokerto Rescues, RAPI, PP, ORARI, SAR dan PMI Kabupaten Banyumas. ***
Lebih baru Lebih lama