Pelatihan multimedia dan dasar jurnalistik hadirkan 11 wartawan senior

JAKARTA, Media Realita News - Setelah sukses menggelar pelatihan jurnalistik untuk wartawan dari berbagai daerah, kini sejumlah wartawan senior di Jakarta kembali akan mengadakan pelatihan jurnalistik untuk profesi lain.

Pelatihan multimedia dan video jurnalistik kali ini untuk staf humas pemerintahan dan swasta, perangkat desa / kelurahan, termasuk mahasiswa. 

Ketua Panitia Pelaksana Hernando menerangkan, kegiatan tersebut dilakukan karena tingginya animo permintaan masyarakat akan informasi berbasis audio visual. 

“Kegiatan ini bertujuan melatih staf humas dan perangkat desa / kelurahan memproduksi berita dan informasi berbasis audio visual yang sangat dibutuhkan masyarakat luas,” ungkap Nando (27/12/2021).

Pelatihan ini juga memberikan kesempatan kepada perangkat desa se-Indonesia untuk memperoleh tambahan pengetahuan dasar teknik pengambilan gambar menggunakan handphone dan kamera profesional sesuai standar jurnalis. 

Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan pada 1 s/d 3 Februari 2022 di Hotel Whiz Prime Jakarta. Sebagai penyelenggara yakni  PT Cahaya Pariwara Semesta bekerja sama DPP SPRI dan para wartawan profesional yang berpengalaman di berbagai media televisi nasional. 

Bagi perangkat desa dan kelurahan pelatihan ini akan bermanfaat untuk memproduksi berita berbasis video yang mampu mengangkat potensi sumber daya pedesaan atau kelurahan di berbagai sektor.

“Sehingga potensi wisata, komoditas pertanian, peternakan, kerajinan, dan kuliner bisa terpublikasi dalam format video di media sosial, TV Online dan Youtube hingga ke seluruh Indonesia, bahkan manca negara,” ungkap Nando, wartawan senior yang masih aktif bekerja di salah satu TV nasional di Indonesia. 

Sedangkan untuk staff humas pemerintahan dan swasta, pelatihan ini akan sangat berguna untuk memproduksi berita sesuai kebutuhan instansi dalam rangka sosialisasi program kegiatan.

Calon peserta pelatihan akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 juta. Biaya tersebut sudah termasuk penginapan hotel, ATK, kaos peserta, dan konsumsi selama pelatihan sampai checkout tanggal 4 Februari 2021. 

Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan akan mampu mengelola website atau konten berita di media online seperti Youtube dan lainnya. Selain itu peserta dapat menjadi tenaga terlatih di bidang multimedia, untuk mengoperasikan perangkat dalam rangka mengekspose berbagai aktifitas. 

Pemateri pada pelatihan kali ini terdiri dari 11 wartawan senior berpengalaman di bidangnya masing-masing. Diantaranya Jimmy H. Wibowo eks Kameramen senior RCTI, Hernando dari RCTI, Jimmy Chandra dari CNN Indonesia, Umar Bahanan dari Rajawali TV, Chaidar Sulaiman dari Global TV, Harwin Brams eks wartawan senior RCTI, Yaskur Jamhur eks wartawan RCTI dan ANTV, Tri Aji Nugroho dari TV One, dan Heintje Mandagie eks Pemimpin Redaksi TV 5D dan Wapimred Pacific TV. 

Pembicara Maikel Chandra, eks presenter berita senior dari RCTI dan kini aktif di Rajawali TV akan memberi materi tentang public speaking dan tekhnik wawancara. Pembicara lainnya yaitu Mega Novelia adalah eks wartawan dan presenter di sejumlah televisi nasional, diantaranya RCTI, MNC TV, Metro TV, SCTV, Global TV, Kompas TV, dan JAK TV. 

Kedua pembicara juga akan berbicara mengenai teknik menjadi presenter atau membuat laporan langsung di lapangan. Khusus bagi peserta perangkat desa dan staf humas akan dilatih kiat melayani atau menghadapi wartawan. ***
Lebih baru Lebih lama