Kenakan pakaian adat Lampung, Ganjar bangga budaya Nusantara

Semarang, Media Realita News – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memakai pakaian adat Lampung, yang diperoleh dari Lampung saat melakukan kunjungan kerja ke daerah itu, beberapa hari lalu.

Pakaian adat Lampung yang dikenakan Ganjar cukup sederhana berupa baju dan celana hitam yang dilengkapi dengan kopiah khas Lampung serta sarung tapis. Kopiah yang dikenakan Ganjar memiliki tonjolan di bagian depan, yang dikenal dengan model Manuk Meghem berwarna emas. Sarung yang dipakai juga serasi, yakni sulaman tapis berwarna emas yang membuat Ganjar nampak gagah.

Pakaian adat Lampung itu dipakai Ganjar seharian saat melaksanakan kegiatannya sebagai gubernur. Salah satu agendanya adalah menemui Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi. Ganjar menyampaikan kepada Mahyeldi tentang indahnya pakaian adat Lampung dan pakaian adat Nusantara lainnya.

“Ini baju adat Lampung, kopiahnya menarik karena ada tonjolannya di depan. Ini oleh-oleh saya dari Lampung kemarin,” kata Ganjar (27/1/2022).

Ganjar mengatakan, saat kunjungan kerja ke Lampung pada Jumat sampai Sabtu (20-21/1), Ganjar memperoleh sejumlah pakaian adat Lampung. Selain dari Bupati Pesawaran, ia juga membeli banyak kopiah dari pedagang. Kopiahnya aneka ragam, karena di Lampung kopiah khas memiliki banyak jenis dan model.

“Kemarin saya juga dapat kopiah yang ada tanduknya, saya tanya ini tanduk banteng atau apa, ternyata tanduk tapir. Dan setiap kopiah ini ada filosofinya, jadi sangat menarik,” jelasnya.

Ganjar mengatakan gemar mengoleksi pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Di Jateng, setiap Kamis seluruh ASN diwajibkan memakai pakaian adat Jawa, sementara setiap Kamis pekan keempat diwajibkan memakai pakaian adat Nusantara.

“Pakaian adat dari Lampung ini kainnya bagus, tapisnya ini kelihatan mewah. Tentu ini menambah koleksi pakaian adat Nusantara yang bisa saya pakai setiap Kamis pekan keempat,” pungkasnya.***
Lebih baru Lebih lama