Ardhi Solehudin: Wartawan harus menulis berita yang berimbang

Wonogiri, Media Realita News - 
Wartawan memiliki fungsi penting sebagai sosial kontrol di tengah masyarakat. Karena itu, peningkatan kapasitas wartawan harus terus ditingkatkan demi terciptanya pers yang sehat dan profesional.

Pesan tersebut disampaikan oleh pimpinan redaksi media online dan cetak Media Realita News, Ardhi Solehudin, menyikapi isu oknum wartawan yang meresahkan masyarakat, karena pemberitaannya tidak akurat dan tidak berimbang, seperti yang baru-baru ini terjadi di Kabupaten Wonogiri.

"Dalam menjalankan aktivitasnya sebagai wartawan yang berkualitas dibutuhkan kontrol dan pengawasan. Karena itu, saya berharap wartawan dapat lebih cerdas dalam menilai setiap proses dan hasil yang didapat dari narasumber," ujarnya.

Ardhi berharap agar wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik harus tetap berpedoman pada Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

"Saya yakin, semakin profesional  para wartawan dalam menjalankan tugasnya, maka semakin kecil peluang terjadi konflik antara media atau insan pers dengan pihak pihak yang diberitakan." tuturnya.

Ia juga menekankan agar wartawan tetap menjaga dan merawat perdamaian melalui pemberitaan yang jauh dari unsur penghasutan dan rekayasa.

"Setiap informasi harus ditulis dan disampaikan dengan bijak agar berita tersebut tidak memunculkan kekisruhan di masyarakat," kata Ardhi.

Menurutnya, sikap dasar wartawan yang pertama adalah kejujuran. Itu harus diperhatikan. Kemudian yang kedua adalah nilai integritas. Nilai-nilai integritas itu antara lain jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil. Nilai tersebut yang harus dimiliki oleh wartawan.

"Wartawan harus mempunyai semua itu. Yang terakhir yang juga penting, yaitu setia pada keadilan. Ini harus dilakukan wartawan atau pers sebagai pilar ke-4 demokrasi. Itu harus benar ditanamkan dalam jiwa wartawan," kata Ardhi.

Selain itu, Ardhi juga mengajak wartawan untuk mengangkat kearifan lokal, pariwisata, kuliner, dan berbagai aspek demi kemajuan daerah. Dan juga mengajak wartawan untuk tetap menjaga nama baik medianya dengan senantiasa menjunjung tinggi sikap profesional.

"Begitu pula dengan rekan-rekan LSM, mari sama sama menjunjung tinggi AD/ART, agar berorganisasi yang baik, sehingga sama-sama bisa bermanfaat untuk masyarakat, Pemerintah serta organisasi," tutupnya. ***
Lebih baru Lebih lama