Goramas menapaki usia tahun kedua pengabdiannya untuk Banyumas

Purwokerto, Media Realita News - 
Goramas (Gotong Royong Warga Banyumas) sebuah komunitas yang terdiri dari para pecinta, pelestari seni dan budaya Banyumas kemarin
hari Senin 7 Maret 2022 merayakan ulang tahunnya yang kedua bertempat di Warung Makan Blakasuta milik Pak Jon salah seorang pengurus Goramas.

Sejak didirikan oleh Kang Kirlan dkk. pada dua tahun yang lalu, komunitas ini menjadi wadah mempererat tali persaudaraan di antara anggotanya, untuk bersama-sama saling asah, asih dan asuh, untuk menjaga, merawat serta melestarikan seni budaya Banyumasan dalam berbagai bentuk.

"Komunitas ini juga dimaksudkan untuk dapat mendukung tumbuh kembangnya potensi anggota, tidak saja yang berkaitan langsung dengan seni budaya, tapi juga di antaranya termasuk untuk mendukung upaya pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan anggota," kata Kang Kirlan selaku ketua dan pendiri Goramas.

Mbah Gobedh sesepuh komunitas Goramas dalam sambutannya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para seniman yang  hadir, khususnya yang datang dari luar kota (dari Purbalingga), yaitu antara lain Kang Cune dan Kang Buset, dan apresiasi juga diberikan khususnya kepada Kang Agus Sumbodo perupa yang mempersembahkan satu buah karya lukisannya untuk Goramas.


Sementara itu, Mbah Hadiwijaya pelukis senior Banyumas yang juga sesepuh Goramas dalam kesempatan menyampaikan pesan-pesannya mengingatkan, agar terus menjaga persaudaraan dan senantiasa menjaga kelestarian seni budaya Banyumas. 

Hadir dalam kesempatan ini yaitu Eyang Sedjatiningsih pelukis perempuan senior Banyumas, pengusaha kuliner "Jegangan" Kang Sopan, Anastasia penulis novel Nyai Selendang Merah, Dalang Ki Banjaran, Kang Indrajit, Kang Bawor, Pak Giri dari RM Mercusi, dan banyak lagi lainnya. 

Berikut di bawah ini adalah video cuplikan suasana kegiatan tersebut.



Acara yang berlangsung dari sekitar pukul 14.00 hingga pukul 16.30 WIB mengalir santai diselingi spontanitas dari beberapa hadirin yang tampil menyemarakkan suasana dengan bernyanyi lagu-lagu kenangan.

Kegiatan ditutup dengan doa bersama, ramah tamah dan berfoto bersama.***
Lebih baru Lebih lama