Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022, digelar 14 hari

Pekalongan, Media Realita News – Polres Pekalongan Kota, Polda Jawa Tengah melaksanakan Apel Gelar Pasukan serentak dalam rangka Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 di halaman Mapolres Pekalongan Kota dipimpin Kapolres AKBP Wahyu Rohadi, Selasa (01/03/2022).

Kapolres Pekalongan kota melalui Kasat Lantas AKP Tri Handayani menyampaikan bahwa 95 personil diterjunkan dalam kegiatan operasi tersebut.

“Tindakan yang dilakukan dalam kegiatan operasi adalah upaya preventif dan preemtif yang dilakukan secara humanis. Kita kedepankan aspek edukasi masyarakat dan memaksimalkan upaya memutus rantai penyebaran covid 19,” ungkap Kasat Lantas.

Kasat Lantas AKP Tri Handayani menambahkan, kegiatan operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 dilaksanakan sebagai upaya cipta kondisi dalam menghadapi operasi ketupat yang akan digelar beberapa pekan ke depan.

“Adapun Kegiatan operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi bertujuan mengurangi angka Laka Lantas termasuk pelanggaran, memutus rantai Covid-19, serta menciptakan lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar,” kata Kasat Lantas.

Diungkapkan pula, meskipun personil yang terlibat operasi melakukan kegiatan melalui upaya preventif dan preemtif, namun dalam penugasan rutin tetap dilakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas.
 
"Dalam tugas rutin bila ditemukan adanya pelanggaran kasat mata tetap ditindak. Apalagi saat ini ada ribuan kamera ETLE terpasang yang mengawasi pengguna jalan, sehingga dilakukan tilang melalui mekanisme ETLE”, tutur Tri.
 
Terkait dengan penindakan kendaraan Over Dimensi dan Over Load (ODOL) diungkapkan bahwa hal tersebut tidak termasuk dalam sasaran kegiatan operasi.

Namun dalam penugasan rutin oleh jajaran bila diketemukan pelanggaran terkait ODOL, maka upaya yang dikedepankan adalah sosialisasi dan edukasi. Penindakan adalah upaya yang terakhir dilakukan.
 
“Polres Pekalongan Kota dan jajaran sudah siap, hari ini gelar pasukan telah dilaksanakan. Secara serentak Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 akan digelar selama 14 hari ke depan,” tutup Tri Handayani.***
Lebih baru Lebih lama